Tips untuk Melindungi Jaringan Wi-Fi Rumah

  • Whatsapp
Tips untuk Melindungi Jaringan Wi-Fi Rumah

Dunia teknologi yang semakin berkembang artinya rumah kita sekarang dipenuhi dengan berbagai macam gadget dan perangkat yang membutuhkan koneksi internet. Baik itu komputer, tablet, ponsel, lemari es, TV atau monitor bayi, ketergantungan manusia yang meningkat pada internet untuk menghubungkan semua perangkat kita telah membuka pintu risiko dan menimbulkan berbagai masalah keamanan.

Banyak orang tidak menyadari risiko keamanan yang dapat ditimbulkan oleh perangkat ini kecuali jika dilindungi dengan benar dengan jaringan Wi-Fi yang aman. Peretas bersifat oportunistik dan siap memanfaatkan celah keamanan apa pun untuk meluncurkan serangan yang ditargetkan. Jika peretas dapat memperoleh akses ke jaringan rumah Anda, mereka dapat mencuri informasi pribadi dan keuangan, menginfeksi perangkat Anda dengan virus dan malware, melakukan kejahatan dunia maya dari perangkat Anda atau meluncurkan serangan Distributed Denial of Service (DDOS). Mengamankan jaringan rumah Anda sangat penting untuk mencegah penyerang dan melindungi data pribadi.

Cara Melindungi Jaringan Wi-Fi Rumah Anda

Untuk melindungi rumah Anda dan menjaganya tetap aman dari peretas, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Ubah nama pengguna dan kata sandi

Hal pertama dan terpenting yang harus Anda lakukan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi rumah Anda adalah mengubah nama user dan password. Penyedia Wi-Fi secara otomatis menetapkan nama pengguna dan kata sandi ke jaringan dan peretas dapat dengan mudah menemukan kata sandi default ini secara online. Jika mereka dapat masuk ke jaringan, mereka dapat mengubah kata sandi menjadi apa pun yang mereka suka, mengunci pemilik dan membajak jaringan.

Mengubah nama pengguna dan kata sandi mempersulit penyerang untuk mengidentifikasi Wi-Fi milik siapa dan mendapatkan akses ke jaringan. Peretas memiliki alat canggih untuk menguji ribuan kemungkinan kombinasi kata sandi dan nama pengguna, jadi penting untuk memilih kata sandi yang kuat yang menggabungkan huruf, angka, dan simbol agar lebih sulit untuk dipecahkan. Cara ganti password wifi indihome yang paling mudah adalah:

  1. Buka halaman browser seperti mozilla/ google chrome dan ketik 192.168.1.1  pada bagian alamat IP adress.
  2. Masuk ke menu pengaturan, lihat pada bagian sebelah kiri, dan klik menu network.
  3. Pilih bagian WLAN, lalu pilih sub menu secruity.
  4. Ganti password WiFi Indihome, dan fokus pada kolom WPA Passphrase. Input password indihome yang baru baru pada kolom itu lalu klik submit.

2. Hidupkan Enkripsi Jaringan Nirkabel

Enkripsi adalah salah satu cara paling efektif untuk melindungi data jaringan Anda. Enkripsi bekerja dengan mengacak data Anda atau isi pesan sehingga tidak dapat diuraikan oleh peretas. Jenis enkripsi paling aman yang digunakan untuk jaringan Wi-Fi rumah Anda adalah WPA2. Jika Anda memiliki perangkat lama yang berusia hingga 10 tahun, perangkat tersebut mungkin tidak kompatibel dengan WPA2 sehingga sangat penting untuk meningkatkan perangkat rumah Anda untuk meningkatkan keamanan dan kinerja.

Untuk memeriksa apakah router Anda menggunakan enkripsi WPA2, lihat pengaturan jaringan Anda dan periksa properti nirkabel. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih metode enkripsi terbaik saat Anda bergabung dengan jaringan nirkabel.

3. Manfaatkan VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah jaringan yang memungkinkan Anda berkomunikasi melalui jaringan tidak aman dan tidak terenkripsi secara pribadi. VPN mengenkripsi data Anda sehingga peretas tidak dapat mengetahui apa yang Anda lakukan saat online atau di mana Anda berada.

VPN juga akan mengubah alamat IP Anda, membuatnya tampak bahwa Anda menggunakan komputer Anda dari lokasi lain selain alamat rumah Anda.

4. Sembunyikan jaringan Anda

Saat Anda pertama kali menyiapkan jaringan rumah Anda, Anda akan diminta untuk membuat nama jaringan yang terlihat untuk umum, atau dikenal sebagai SSID (Service Set identifier). Sebagian besar perangkat dikonfigurasi dengan nama jaringan default yang telah dialokasikan oleh pabrikan. Ada kemungkinan besar jika tetangga Anda memiliki perangkat dari pabrikan yang sama, mereka juga akan memiliki SSID yang sama yang dapat menjadi mimpi buruk keamanan jika kedua jaringan tidak dienkripsi.

Penyembunyian SSID adalah fitur yang memungkinkan Anda menyembunyikan nama jaringan Anda dari daftar orang di area sekitar. Mengubah nama default membuat lebih sulit bagi peretas untuk mengetahui jenis router yang Anda miliki, sehingga mengurangi kemungkinan serangan.

5. Matikan Jaringan Wi-Fi Anda saat tidak di rumah

Kedengarannya sederhana, tetapi salah satu cara termudah untuk melindungi jaringan rumah Anda dari serangan adalah dengan mematikannya saat Anda tidak di rumah. Jaringan Wi-Fi rumah Anda tidak perlu berjalan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Mematikan Wi-Fi Anda saat Anda jauh dari rumah mengurangi kemungkinan peretas oportunistik mencoba masuk ke jaringan rumah Anda saat Anda tidak ada.

6. Selalu perbarui perangkat lunak router Anda

Perangkat lunak Wi-Fi harus diperbarui untuk melindungi keamanan jaringan rumah Anda. Firmware router seperti jenis perangkat lunak lainnya dapat berisi kerentanan yang ingin dieksploitasi oleh peretas. Sebagian besar router tidak akan memiliki opsi pembaruan otomatis sehingga Anda perlu memperbarui perangkat lunak secara manual untuk memastikan jaringan rumah Anda terlindungi.

Related posts