Standar dan Ciri-ciri Air Bersih Menurut Kementerian Kesehatan

  • Whatsapp
Standar dan Ciri-ciri Air Bersih Menurut Kementerian Kesehatan

Air bersih merupakan kebutuhan yang penting untuk berlangsungnya kehidupan manusia. Baik dari konsumsi hingga kebutuhan lainnya bergantung kepada air, maka penting mengenal ciri-ciri air bersih agar mendapatkan manfaat penuh.

Memang pada dasarnya air dapat digunakan untuk berbagai keperluan, namun urusan konsumsi perlu perhitungan lebih terperinci. Karena selain untuk kesehatan tubuh, kandungan di air yang jernih sekalipun belum tentu baik bagi tubuh.

Ada beberapa kriteria, syarat, serta ciri-ciri yang perlu diketahui untuk menilai kebersihan suatu air [1].

Berbagai bidang sekaligus badan pemerintahan seperti Kementerian Kesehatan turut mengedukasi masyarakat Indonesia untuk menentukan ciri-ciri air bersih dan cocok untuk konsumsi.

Ada juga berbagai standar yang perlu diperhatikan, seperti lokasi, sumber air, cara pengolahan, hingga proses penelitian yang berlandaskan kesejahteraan lingkungan.

Kementerian Kesehatan memberikan beberapa poin penting untuk menentukan ciri-ciri air yang bersih dan layak konsumsi [2].

  1. Bebas Logam Berat

Logam (Fe) bisa mengendap pada air karena beberapa faktor, salah satunya adalah kandungan mineral tanah atau polutan faktor eksternal. Faktanya, logam berat tidak baik bagi tubuh karena mampu merusak sistem pencernaan bila dikonsumsi [2].

Endapan dari logam juga mampu mengubah beberapa standar air, salah satunya adalah bau dan warna. Bau yang menyengat akan tercium langsung bila menghirup air yang mengandung logam berat.

Untuk penelitian dan syarat satu ini memang sulit untuk ditentukan oleh mata biasa. Perlu penelitian lebih lanjut di laboratorium berstandar sehingga dapat diklasifikasikan sebagai air polutan atau tidak.

  1. Tanpa Bau

Air yang bersih tidak memiliki bau, namun bila kasus bau muncul maka bisa dipastikan air tidak layak diminum. Ada berbagai macam faktor serta penyebab munculnya bau, namun yang pasti butuh pengetahuan lebih lanjut untuk penyebabnya [1].

Zat atau polutan seperti lumpur atau endapan kapur bisa mengubah sifat bau dari air mineral. Bau juga menandakan berbagai macam larutan yang tercampur di air tersebut.

Sumber air juga bisa menjadi alasan lain mengapa air bisa memiliki bau.

  1. Berwarna Jernih

Syarat berikutnya menurut Kementerian Kesehatan adalah tanpa warna atau berwarna jernih. Sifat satu ini paling mudah diteliti oleh mata telanjang, namun untuk kepastiannya tetap membutuhkan penelitian.

Biasanya akan ada partikel atau objek asing meski kondisi air memang jernih. Bahkan, air pegunungan sekalipun yang jauh dari sumber polutan tetap membutuhkan penelitian [3].

Selain menentukan dan memperhitungkan manfaat yang diterima, penelitian ini juga dapat menemukan sifat basa atau asam dari jumlah pH yang terkandung.

  1. Tidak Berasa

Rasa bisa menjadi cara atau variasi guna menstimulasi tubuh agar rajin minum air mineral dengan irisan buah yang kerap disebut infused water.

Namun, tidak semua air mineral yang berasa baik bagi tubuh. Faktanya rasa bisa menjadi salah satu sinyal akan kontaminasi sebuah air minum. Rasa bisa bervariasi, namun getir dan pahit kerap menjadi penyebab [3].

Sisa endapan atau sumber air yang kurang steril kerap menjadi sumber rasa meski air sudah melalui proses pemasakan.

  1. Terhindar dari Mikroorganisme dan Zat Kimiawi

Ciri-ciri air bersih terakhir adalah terbebas dari mikroorganisme atau bakteri patogen berbahaya. Berbagai efek yang ditimbulkan bila dikonsumsi secara lanjut adalah kerusakan sistem pencernaan [4].

Ada kasus lain seperti mual, badan lemas, hingga harus melakukan pengecekan badan. Karena kandungan air yang diserap memiliki zat polutan atau kontaminasi berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu, air bersih merupakan hal yang penting bagi tubuh guna mengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus memberikan manfaat.

AQUA membawa air mineral terbaik dengan 9 kriteria, 5 syarat, dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi. Guna memastikan kesehatan di setiap tetesnya, teknologi terbaik disiapkan AQUA untuk menjaga kemurnian hingga ke tangan konsumen [5].

Karena AQUA sudah terpercaya lebih dari 45 tahun untuk memenuhi kebutuhan air mineral di Indonesia.

Jadi, sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-syarat-syarat-air-minum
  2. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/tips-memenuhi-kebutuhan-air-putih-setiap-hari
  3. https://dlh.semarangkota.go.id/ciri-ciri-air-yang-tercemar/
  4. https://doktersehat.com/ciri-https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/ciri-kualitas-air-yang-baik/
  5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

Related posts