Internasional

Putra Mahkota Vajiralongkorn Resmi Menjadi Raja Setelah Di Lantik Pada 1 Desember 2016 Nanti

Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn

eKoran.co.id – Setelah Raja Bhumibol Adulyadej meninggal pada 13 Oktober 2016 lalu, kini giliran sang anak yang akan memimpin Negeri Gajah Putih tersebut, yaitu Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn.

Kabarnya, saat ini Pemerintah junta militer Thailand akan mempersiapkan penobatan Putra Mahkota Vajiralongkorn sebagai raja yang akan dilaksanakan pada 1 Desember 2016. Saat ini putra mahkota Vajiralongkorn tengah berada di Jerman karena ada urusan bisnis dan akan kembali pada November ini.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha juga sudah mengatakan bahwa pewarisan kekuasaan akan dilaksanakan sesuai dengan undang-undang, hukum istana serta tradisi dengan kurun waktu yakni setelah tujuh hingga 15 hari setelah meninggalnya sang raja. Tetapi penyerahan mahkota akan di gelar setelah kremasi Raja Bhumibol yang berlangsung setahun lagi.

“Kami saat ini tengah melakukan persiapan untuk 1 Desember 2016 mendatang. tapi soal waktu ini kembali tergantung pada Yang Mulia,” ungkap senior militer Thailand.

Selain itu, Putra Mahkota Vajiralongkorn akan memilih sendiri penasihatnya untuk menduduki posisi-posisi terpenting di dalam susunan istana. Langkah tersebut diyakini akan mengakhiri pengaruh dari sejumlah tokoh tua yang dahulunya mengabdi pada sang ayah, raja Bhumibol.

BACA JUGA :  PBB Bahas Hukuman Mati Terkait Narkoba

Putra Mahkota Vajiralongkorn merupakan perwira di militer Thailand dan angkatan udara yang sangat aktif dan berkualitas pada operasi militer terhadap Partai Komunis Thailand 1970an. ia juga pernah memimpin operasi tempur yang saat itu melawan militer Vietnam di seberang perbatasan kamboja.

Diketahui, Vajiralongkorn sudah menikah sebanyak tiga kali dan memiliki lima putra dan dua perempuan. Dan pernikahan terakhirnya dengan seorang rakyat biasa pada Februari 2001.

Sebelumnya, Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn menginginkan proses penobatannya di tunda terlebih dulu karena mengingat suasana yang masih berkabung atas kepergian sang raja Bhumibol. Dan untuk sementara ini, kepala Dewan Penasihat Prem Tinsulanonda dipilih sebagai pemangku raja sampai putra mahkota Vajiralongkorn resmi dilantik menjadi Raja.

Comments

Berita Terhangat

To Top