Internasional

Presiden Park Geun-hye Sampaikan Permintaan Maaf Ke Publik Karena Terlibat Skandal

Presiden Park Geun-hye

eKoran.co.id – Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye kini terkena skandal kasus nepotisme yang telah melibatkan teman dekat dari keluarganya. Saat ini, kediaman beserta kantor penasihat tengah di geledah oleh jaksa. Ia di duga telah memberikan dokumen resmi milik negara ke temannya yang tak lain adalah orang yang dipercayainya sejak lama, yaitu Choi Soon-sil.

Saat ini, sebanyak 8000 ribuan warga Korea Selatan melakukan unjuk rasa dan meminta Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya pada hari Sabtu (29/10/2016).

Presiden Park juga sudah meminta maaf secara resmi kepada rakyatnya yang disiarkan langsung di stasiun televise negara. Ia mengakui kalau dirinya telah menunjukkan dokumen-dokumen rahasia negara, antara lain susunan pidato presiden. Tetapi, usaha tersebut tidaklah berhasil untuk meredupkan kemarahan publik.

“Saya sangat terkejut dan sangat kecewa karena telah menyebabkan keprihatinan publik. Saya sudah melakukannya. Dan dari hati yang paling dalam, saya akan berhati-hati dalam hal ini agar tidak terjadi lagi,” jelas Presiden Park.

BACA JUGA :  India Rayakan Kesuksesan Peluncuran Pesawat Luar Angkasa

Menurut Asian Correspondent pada Mingg (30/10/2016), Choi Soon-sil ini tidak mempunyai jabatan apapun di pemerintahan.

Choi Soon-sil juga digambarkan sebagai “Rasputin Wanita” yang artinya mempunyai pengaruh buruk yang tidak pantas serta tidak sehat bagi Presiden Park. Selain itu, ia di sebut mewarisi kemampuan tersebut dari sang ayah yang sejak dulu memimpin kultus yang bernama Church of Eternal Life.

Sejak awal September kemarin, Choi dikabarkan telah pergi ke Jerman setelah berita tersebut beredar. Pengacara dari Choi sendiri menyebutkan jika kliennya sudah menyadari situasi yang saat ini terjadi di Korea Selatan dan ia juga bersedia pulang guna di selidiki.

“Dia akan pulang untuk dimintai keterangan dan dihukum jika dia melakukan sesuatu yang salah,” kata sang pengacara.

“Choi akan dengan giat menanggapi penyelidikan kejaksaan dan akan memberi kesaksian berdasarkan fakta-fakta,” tutupnya.

Comments

Berita Terhangat

To Top