Kesehatan

Terkena Anemia ? Atasi dengan Cara ini !!

anemia lebih sering terjadi pada wanita

eKoran.co.id – Anemia merupakan kondisi tidak sehat dimana kadar hemoglobin, dalam darah lebih rendah dari normal.

Hemoglobin sendiri merupakan suatu zat di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Wakil ketua Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), dr. Yustina Anie Indriastuti juga menambahkan ciri-ciri orang yang mengidap Anemia.

“Lebih spesifik lagi yaitu pusing yang muter gitu, kunang-kunang, mudah mengantuk, mudah capek, sulit konsentrasi,” ujar dr. Yustina Anie Indriastuti saat ditemui di kampanye ‘Sehat Tanpa Anemia Untuk Indonesia Lebih Produktif’ di Pejaten Village, Jakarta Selatan, Sabtu (29/10/2016).

Ciri lainnya yang lebih mudah ditebak adalah raut muka, warna telapak tangan, bibir, semuanya itu pucat pasih.

Untuk mencegahnya dan menyembuhkannya dr. Yustina Anie Indriastuti menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, dan kandungan protein hewan dari unggas, hewan, serta sayur dan buah-buahan.

BACA JUGA :  Waspadai Gejala Diabetes Melitus Dengan Mengendalikan Kadar Gula Darah

“Itu kan karena kurang mengonsumi makanan yang mengandung zat besi, biasakan mengonsumi makanan yang mengandung nabati, zat besi dari daging hewan, sayur-sayuran seperti kangkung,” ungkapnya.

Selain itu, pencegahan bisa juga dilakukan dengan mengonsumsi obat penambah darah satu kali seminggu, dan untuk ibu hamil satu tablet setiap hari yang diikuti dengan hidup sehat dan olahraha yang cukup.

Jika Anda mengalami hal diatas dan merasa kurang mengonsumsi zat besi serta gaya hidup yang tidak sehat, segera periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Comments

Berita Terhangat

To Top