Kesehatan

Vaksin Dengue Sangat Efektif Untuk Mencegah Penyakit DBD

vaksin-dengue

eKoran.co.id – Vaksin Dengue yang saat ini sudah beredar di Indonesia sangat efektif dalam mencegah demam berdarah dengue atau DBD berat sampai 93%. Vaksin ini di buat oleh perusahaan farmasi Sanofi Pasteur.

Namun, dari penjelasan Prof. Dr. dr. Sri Rezeki S Hadinegoro, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa vaksin ini belum bisa diberikan pada bayi dan balita, dan hanya bisa di berikan pada anak yang berumur 9-16 tahun sebanyak tiga kali selama enam bulan.

“Suntikan pertama itu akan membuat memori dalam tubuh. Satu kesan pada tubuh bahwa dia pernah bertemu dengan vaksin tersebut. Ketika ada dengue dari luar masuk, tubuh itu mengingat bahwa dia sudah pernah mendapatkan lewat vaksin. Sel memori itulah yang bekerja,” jelas Dr. dr. Sri Rezeki S Hadinegoro, Sp.A(K).

Dr. dr. Sri Rezeki S Hadinegoro, Sp.A(K) juga mengungkapkan alasan kenapa vaksin hanya boleh dilakukan pada anak usia 9-16 tahun namun tidak pada bayi dan balita.

BACA JUGA :  Waspadai Gejala Kanker Usus Besar Sebelum Terlambat

Hal tersebut dikarenakan anak usia 9 tahun belum konsisten, dan selama tahap pemantauan setelah pemberian vaksin, pada tahun pertama dan kedua hasilnya memang bagus. Tetapi ketika masuk di tahun ketiga, antibody peserta sudah tidak mampu melawan.

Selain itu, vaksin ini juga memiliki efek samping dan masih tergolong ringan, antara lain nyeri di tempat suntikan, kemerahan, bengkak dan juga akan mengalami demam, sakit kepala serta nyeri.

General Manager Sanofi Pasteur, Joko Murdianto menyatakan bahwa vaksin tersebut sudah di distribusikan ke seluruh Indonesia dari September 2016.

“Jika ada dua pertiga populasi yang terhindar dari gejala klinis, manfaat vaksin ini akan sangat besar bagi kesehatan masyarakat,” jelas Joko Murdianto.

“Ya bukan di Jakarta aja ya, di seluruh Indonesia juga sudah tersedia. Kalau untuk di rumah sakit negeri belum,” ucapnya, di Hotel Borobudur (25/10/2016).

Comments

Berita Terhangat

To Top