Kesehatan

Waspadai, Tanda-tanda Dari Penyakit Kanker Payudara Yang Sangat Rentan Menyerang Wanita

Kanker Payudara

eKoran.co.id – Kanker Payudara merupakan penyakit yang mematikan dan sangat rentan menyerang para wanita. Karena kanker ini berkembang sangat cepat pada kelenjar penghasil susu atau lobulus.

Perempuan yang mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit tersebut lebih besar berisiko terkena kanker payudara. Untuk itu, sebagai wanita kalian harus lebih waspada dan melakukan pemeriksaan sejak dini untuk mendeteksi apakah ada tanda-tanda dari penyakit tersebut.

Pada penderita kanker payudara, pertumbuhan sel-sel akan berbeda pada umumnya.

Biasanya sel-sel di dalam tubuh akan tumbuh dan berkembang biak dengan teratur.

Namun dalam kasus ini, proses itu tidak akan berjalan secara tidak teratur dan menyebabkan pertumbuhan serta perkembangbiakan sel-sel tidak akan terkendali.

Sel-sel yang abnormal dapat menyebar pada bagian tubuh lain lewat aliran darah. Apabila kanker terdeteksi pada stadium awal, maka penyakit tersebut bisa diobati sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA :  Waspadai Gejala Insomnia Karena Adanya Penyakit Serius

Gejala awalnya yaitu terdapat benjolan maupun penebalan pada jaringan kulit payudara, namun sebagian lainnya belum tentu menandakan kanker. Selain itu, perubahan ukuran di salah satu payudara, perubahan bentuk putting dan kulit sekitar payudara mengerut. Gejala tersebut harus diwaspadai dan di konsultasikan kepada dokter.

Pengobatan kanker sendiri ada beberapa macam, antara lain kombinasi operasi, kemoterapi dan radioterapi.

Untuk mencegah penyakit tersebut, kita harus pandai dalam menjaga kesehatan payudara dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan memiliki efek positif untuk payudara. Karena payudara bergantung pada keseimbangan hormon estrogen serta progesteren di dalam tubuh.

Makanan yang mengandung antioksidan bisa membantu tubuh untuk melawan pertumbuhan dari sel-sel abnormal, misalnya sel kanker. Makanan tersebut terdapat pada beberapa buah antara lain brokoli, kacang walnut, minyak zaitun, jeruk, berry, plum, peach, salmon, tomat dan peterseli.

Comments

Berita Terhangat

To Top