Internasional

Stephen Hawking Khawatirkan Perkembangan “Kecerdasan Buatan”

Stephen Hawking Khawatirkan Perkembangan “Kecerdasan Buatan”

eKoran.co.id – Stephen Hawking memperingatkan kecerdasan buatan bisa menghapus umat manusia jika kita tidak berhati-hati tentang hal itu. Berbicara pada peluncuran Leverhulme Center untuk Masa Depan Intelijen di Cambridge, fisikawan mengatakan AI memiliki potensi untuk mengembangkan kemauan sendiri yang bisa menempatkannya dalam konflik langsung dengan manusia, seperti dalam film Terminator.

Namun, ia juga mengatakan jika kita melakukan penelitian yang cukup, bisa juga digunakan untuk memberantas penyakit dan kemiskinan.

“Saya percaya tidak ada perbedaan mendalam antara apa yang dapat dicapai oleh otak biologis dan apa yang dapat dicapai dengan computer. Oleh karena itu berikut bahwa komputer dapat secara teori meniru kecerdasan manusia . Dan bahkan melebihi itu,” katanya.

“Sukses dalam menciptakan AI bisa menjadi acara terbesar dalam sejarah peradaban kita. Tetapi juga bisa menjadi yang terakhir kecuali kita belajar bagaimana untuk menghindari risiko tertentu.

“Bersamaan dengan manfaat, AI juga akan membawa bahaya seperti senjata otonom yang kuat, atau cara-cara baru untuk beberapa untuk menindas banyak itu akan membawa gangguan besar untuk perekonomian kita dan di masa depan, AI bisa mengembangkan kemauan sendiri, seperti kemauan yang bertentangan dengan kita.

BACA JUGA :  China dan Asean Adopsi “Kode Laut”

“Singkatnya, munculnya AI yang cukup kuat akan baik dari yang terbaik, atau yang terburuk yang pernah terjadi pada umat manusia. Kami tidak tahu yang mana akan terjadi.”

Dalam sambutannya, ia mengatakan penelitian yang dilakukan di Pusat Leverhulme adalah penting untuk masa depan spesies kita.

“Kami menghabiskan banyak waktu mempelajari sejarah dan mari kita hadapi itu, sebagian besar sejarah tentang kebodohan,” katanya. “Jadi itu adalah menyambut perubahan bahwa orang-orang yang belajar bukan hanya masa depan intelijen.”

Tapi ini bukan pertama kalinya Hawking telah berbicara tentang potensi bahaya dari AI.

Hawking pernah mengatakan ancaman terbesar bagi umat manusia adalah orang-orang seperti insinyur: “Kami tidak akan berhenti membuat kemajuan, atau sebaliknya, jadi kita harus mengenali bahaya dan mengendalikan mereka dan aku optimis. dan saya percaya kami bisa. “

Comments

Berita Terhangat

To Top