Internasional

Brunei Memiliki Penetrasi Media Sosial Tertinggi di ASEAN

Brunei Memiliki Penetrasi Media Sosial Tertinggi di ASEAN

eKoran.co.id – Brunei memiliki penetrasi media sosial tertinggi di ASEAN pada 69 persen, lebih dari dua kali lipat rata-rata global, menurut data yang dipublikasikan oleh konsultasi global media digital.

Sebuah laporan daerah yang dirilis oleh kantornya di Singapura, berjudul ‘Digital, Sosial & Mobile di Asia Tenggara pada tahun 2015’, menyatakan bahwa Brunei memiliki 270.000 pengguna media sosial yang aktif pada kuartal keempat 2015, yang mewakili 69 persen dari populasi.

Sebagian besar pengguna ini – sekitar 250.000 orang – terutama digunakan perangkat mobile untuk mengakses media sosial, mewakili tingkat penetrasi keseluruhan seluler sosial 64 persen.

Menurut laporan itu, Brunei memiliki tingkat penetrasi internet 81 persen, yang mewakili 319.000 pengguna internet aktif di kedua koneksi fixed dan mobile. Angka itu telah tumbuh hampir delapan persen sejak 2014.

Kami adalah Sosial yang mengatakan bahwa konektivitas digital di Asia Tenggara telah berkembang pesat selama tahun lalu, dengan banyak dari pertumbuhan ini dikaitkan dengan akses luas ke perangkat mobile internet-enabled.

Di ASEAN, delapan negara memiliki tarif berlangganan selular lebih besar dari populasi mereka, dengan pengecualian dari Myanmar dan Laos. Brunei memiliki total 495.000 langganan mobile, 1,26 kali jumlah penduduknya.

“Konektivitas mobile ini cepat mempengaruhi bentuk lanskap media sosial juga,” kata Regional Managing Partner dari Simon Kemp yang memposting blog yang menyertai publikasi laporan.

BACA JUGA :  Samsung Galaxy Note 7 Hadapi Larangan di Berbagai Negara

“Data tersedia bagi publik menunjukkan bahwa Facebook tetap platform sosial paling populer di semua negara di seluruh wilayah … GARIS register hampir sama banyak pengguna aktif bulanan Facebook di Thailand, dan Viber yang sangat populer di Filipina.”

Di Asia Tenggara, Facebook masih peringkat nomor satu di antara pengguna, diikuti oleh WhatsApp dan QQ. Instagram dan Twitter datang kedelapan serta ketujuh dan masing-masing.

“Lanskap media sosial di Asia Tenggara menjadi semakin bervariasi dan menarik. Data tersedia untuk umum menunjukkan bahwa Facebook masih menjadi Platform sosial paling populer di kawasan ini, tetapi pilihan lain – terutama aplikasi chat – yang menangkap porsi yang signifikan dari waktu dan kegiatan masyarakat, “kata Kemp.

Data terakhir menunjukkan bahwa Facebook masih sangat populer dengan khalayak milenium, lebih dari 70 persen dari 230 juta pengguna platform di wilayah tersebut berada di bawah 30 tahun.

Statistik menunjukkan bahwa demografis terbesar pengguna Facebook di Brunei adalah kelompok usia 20-29 tahun.

“Blackberry Messenger – sekarang tersedia untuk pengguna kebanyakan sistem operasi smartphone – masih memiliki basis pengguna yang mengesankan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia,” kata Kemp.

Comments

Berita Terhangat

To Top