Bisnis

Peningkatan Kereta Api Jakarta-Surabaya Ditawarkan ke Jepang

Peningkatan Kereta Api Jakarta-Surabaya Ditawarkan ke Jepang

eKoran.co.id – Pemerintah telah menawarkan kesempatan untuk berinvestasi dalam pembangunan kereta api kecepatan menengah menghubungkan Jakarta ke Surabaya di Jawa Timur untuk investor asing termasuk asal Jepang.

Pemerintah mengharapkan peningkatan garis rel akan mempersingkat perjalanan ke enam jam dari saat ini memakan waktu sekitar 13 jam menggunakan kereta api reguler dari perusahaan kereta api negara PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah menawarkan Jepang kesempatan untuk mengambil bagian pekan lalu. Pemerintah juga akan menawarkan proyek ini kepada negara-negara lain, termasuk China, yang memenangkan proyek kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Jakarta ke Bandung, Jawa Barat.

“Semua akan diberikan kesempatan untuk mengajukan proposal, sehingga Surabaya dapat dicapai dalam enam jam dan kami akan sangat mengharapkan efisiensi waktu ini dapat berkembang dan memberikan kinerja positif bagi KAI,” kata Budi Karya di Jakarta, Senin.

BACA JUGA :  Jelang KKPDT 2016, Garuda Indonesia Tambah Penerbangan ke Silangit

Ia mengatakan tawaran untuk Jepang dibuat karena anggaran pemerintah yang terbatas untuk proyek-proyek transportasi. Oleh karena itu, pemerintah mengundang perusahaan-perusahaan swasta asing untuk mengambil bagian dalam proyek.

“Kami menawarkan kesempatan untuk perusahaan swasta asing untuk berpartisipasi, tentu saja ¬†dengan pemerintah, kami akan berkoordinasi dengan pemerintah karena ini merupakan hajat orang banyak,” ia melanjutkan.

Dia mengatakan kereta kecepatan menengah akan beroperasi pada jalur yang ada, dengan perencanaan pemerintah untuk menghilangkan 1.000 penyeberangan dari jalur dari Jakarta ke Surabaya.

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan kerja ke Tokyo pada Jumat lalu, Menteri Koordinator Kelautan Luhut Pandjaitan menyampaikan surat resmi menawarkan proyek kepada pemerintah Jepang. Hal ini diharapkan kerja sama dua negara akan berlanjut karena diketahui sebelumnya Jepang memiliki pengalaman untuk maslaah transportasi kereta api.

Comments

Berita Terhangat

To Top