Politik

Menurut Survei, Ahok Masih Memimpin Tapi …

Menurut Survei, Ahok Masih Memimpin Tapi …

eKoran.co.id – Gubernur DKI Jakarta Incumbent, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat, masih memimpin polling untuk pemilihan gubernur tahun depan, tetapi kini terjadi kesenjangan yang menyempit.

Sebuah jajak pendapat oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI), telah menemukan bahwa memimpin pasangan calon atas pesaing terkuat mereka sekarang sekitar 10 persen.

Dalam survei yang diterbitkan pada hari Selasa lalu, tiket Ahok-Djarot mencapai rating elektabilitas 31,4 persen, sedangkan tiket Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapat 21,1 persen, diikuti oleh duo Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dengan 19,3 persen.

“Angka-angka menunjukkan bahwa posisi mapan ‘tidak aman, karena kesenjangan yang kurang dari 20 [persen]. Berdasarkan pengalaman kami, posisi incumbent adalah aman jika perbedaannya adalah di atas 20 [persen], “peneliti senior LSI Adjie Alfaraby seperti dilaporkan oleh kompas.com.

Survei menemukan bahwa 28,2 persen pemilih masih tidak yakin siapa yang harus dipilih, yang bisa mengubah posisi setiap pasangan calon di masa depan.

BACA JUGA :  Sandiaga Uno: Kekerabatan Koalisi Tetap Kuat

“Itu berarti tidak berarti ada pasangan yang lebih kuat atau lebih lemah,” kata Adjie, menambahkan bahwa survei dilakukan antara 26 September dan 30 dan melibatkan 440 responden.

Survei yang dilakukan melalui tatap muka wawancara, memiliki margin of error 4,8 persen.

Adjie mengatakan bahwa dalam sebuah survei di bulan Maret, elektabilitas Ahok tercatat sebesar 59,3 persen, sedangkan di survei pada bulan Juli itu telah turun menjadi 49,1 persen.

Adjie menunjuk empat penyebab Ahok mengalami penurunan popularitas: kebijakannya pada penggusuran dan reklamasi lahan, temperamennya, latar belakang pribadinya dalam hal ras dan agama dan akhirnya daruratnya pasangan calon alternatif.

Di sisi lain, dengan semakin dekatnya masa kampanye dan juga pemilihan umum, semakin merebaknya isu-isu yang dilemparkan ke masyarakat dan tim Bawaslu sedang memantau situasi.

Comments

Berita Terhangat

To Top