News

Indonesia Waspada, Indonesia Mudah Terjangkit Virus Zika

Indonesia Waspada, Indonesia Mudah Terjangkit Virus Zika

eKoran.co.id –¬†Menteri Kesehatan, yang bernama Nila Moeloek meminta kepada para masyarakat agar tetap bisa waspada terhadap penyebaran dari virus zika, di mana virus ini sudah menyebar dan merebak secara meluas di Singapura.

Ia mengatakan, walaupun gejala virus Zika ini lebih ringan dari demam berdarah, namun, virus ini lebih berbahaya lagi.

“Infeksi zika itu seperti demam dan lebih ringan dari DBD, memang tidak ada obat, tapi kita harap, karena ini memang virusnya sudah kian mengglobal, maka kita secara perlahan harus mulai sadar. Kita juga meminta kepada para masyarakat untuk tetap bisa waspada, karena ini hampir sama seperti DBD.” ungkap Nila, di saat rapat dengan Komisi IX DPR yang ada di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, di Hari Rabu, 31 Agustus 2016.

Menurut dari Nila, langkah cepat yang harus bisa diambil oleh pemerintah itu dengan melakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan dilakukan pemeriksaan ketat yang ada di setiap pintu kedatangan negara asing di bandara atau di pelabuhan, khususnya dari Singapura.

“Kita juga meminta kepada orang-orang yang memiliki ciri-ciri virus Zika, untuk bisa mengambil darah dan juga mengambil kartu kewaspadaan. Akan tetapi, yang diketahui, negara dengan iklim tropis lebih mudah untuk terkena, seperti salah satu contohnya adalah Indonesia, maka masyarakat diminta untuk bisa tetap jaga kesehatan dan juga menjaga kebersihan. Kita sendiri juga nanti akan meminta dari pihak bandara untuk bisa melakukan scanner.” tegas Nila.

BACA JUGA :  Setara Tuntut Masa Pemerintahan Jokowi Memiliki Kebebasan Berekspresi

Nila kembali menambahkan, jika pemeriksaan laboratorium untuk virus Zika itu sendiri dinilai sangat penting.

Ia menjelaskan, jika ada sebagian penderita virus Zika yang tak menunjukkan gejala-gejala, saat terkena virus itu, namun, pada saat dilakukan pemeriksaan, malah justru positif terjangkit oleh Zika.

Kalau saya menghimbau, masyarakat yang indin bepergian, mulai urungkan pikiran itu. Kalau penting ya silakan, tapi kalau tidak, lebih baik ditunda. Ibu-ibu hamil yang akan pergi juga penting untuk bisa mempertimbangkannya.” tandas Nila.

Pemprov Kepulauan Riau sebelumnya juga telah melakukan serangkaian antisipasi penyebaran virus zika yang kian meluas, setelah otoritas dari Singapura mengumumkan ditemukan kasus virus zika tersebut di negaranya.

Kepulauan Riau itu sendiri menjadi provinsi yang berbatasan secara perairan dengan negara tetangga, Singapura.

Di Kepulauan Riau, ada belasan pelabuhan yang diketahui melayani pelayaran secara langsung dari Singapura, dan mengangkut lebih dari 1 (satu) juta wisatawan mancanegara di setiap tahunnya.

Comments

Berita Terhangat

To Top