News

Polusi Udara Riau Capai Tingkat Berbahaya

Polusi Udara Riau Capai Tingkat Berbahaya

eKoran.co.id – Riau telah bergulat dengan polusi udara yang parah selama seminggu terakhir sebagai kebakaran lahan dan hutan terus menyebar. Di kabupaten Mandau dan Pinggir di Kabupaten Bengkalis, polusi udara telah mencapai tingkat berbahaya.

Berdasarkan Tanah Riau dan Hutan Kebakaran Data Darurat Task Force, polusi udara standar indeks (ISPU) di Duri Camp, Kabupaten Mandau, berdiri di 361 PSI, tingkat yang berbahaya, Senin. Tiga hari sebelumnya, tingkat polusi udara di Duri bahkan mencapai 460 PSI. Sekolah di Bengkalis memberikan siswa mereka liburan dua hari karena kabut memburuk.

Kualitas udara dianggap baik jika ISPU di bawah 50 PSI, sedang jika 101-199 dan tidak sehat jika 101-199. Sementara itu, udara dengan tingkat ISPU dari 200-299 PSI dianggap sangat tidak sehat dan berbahaya jika mencapai melampaui 300 PSI.

Di Pekanbaru, kabut asap telah menyebabkan polusi udara yang parah, di mana ISPU menurun ke tingkat tidak sehat dari 162 PSI, Senin. Kualitas udara di Dumai, Kampar dan Rokan Hilir juga tidak sehat, dengan pembacaan ISPU dari 166, 144 dan 184 PSI, masing-masing.

BACA JUGA :  Honda Luncurkan Supra GTR 150, Cocok Untuk Touring

Pada hari Minggu, polusi udara di Dumai mencapai tingkat yang berbahaya, dengan ISPU berdiri di 369 PSI. Meskipun polusi udara yang parah, sekolah di Dumai belum memutuskan untuk ditutup.

“Kami masih menunggu rekomendasi dari lingkungan Dumai dan lembaga kesehatan. Sebuah penutupan sekolah sementara dapat diterapkan hanya melalui Surat Keputusan Walikota Dumai, “kata ¬†kepala Dinas Pendidikan Dumai, Misdiono.

Sekolah di Bengkalis, Riau, ditutup pada Senin karena tingkat polusi udara yang disebabkan oleh kebakaran hutan di kabupaten itu mencapai level tertinggi dalam seminggu terakhir.

Selain asap, abu dibawa oleh angin di daerah disebabkan iritasi mata, mengurangi visibilitas ke sekitar 500 meter. Deeming kondisi berbahaya untuk kesehatan, Dinas Pendidikan Bengkalis memutuskan untuk memberikan libur dua hari untuk semua siswa, mulai dari TK sampai SMA.

“Sebenarnya, sekolah tidak membuka hari ini dan mahasiswa menghadiri kelas pagi ini. Tiba-tiba, kami menerima instruksi dari Dinas Pendidikan Bengkalis untuk mengirim mereka pulang karena kabut asap semakin tebal, “kata Masrida.

Masrida mengatakan, penutupan sekolah itu sementara dan akan dievaluasi dalam dua hari.

Comments

Berita Terhangat

To Top