News

HUT RI ke-71, Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Tertinggi di Eropa

HUT RI ke-71, Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Tertinggi di Eropa

eKoran.co.id –¬†Ternyata, tidak hanya di Indonesia saja bendera merah putih dikibarkan, namun juga berkibar di luar negeri, tepat di Gunung Elbrus, Rusia.

Kelompok pendaki gunung yang bernama [email protected] ini berhasil mengibarkan bendera merah putih di Gunung Elbrus, Rusia, di Pos Barrel Hut di mana diketahui memiliki ketinggian sekitar 3800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Prosesi pengibaran bendera merah putih itu dilakukan tepat pada pukul 06.00 waktu setempat, atau pada pukul 10.00 WIB.

Salah satu anggota pendakian Gunung Elbrus, dari kelompok [email protected] itu, yang bernama Agung Sutiastoro menyatakan jika keadaan pada saat berada di Gunung Elbrus ini di saat upacara pengibaran bendera merah putih, sedang berangin dan juga memiliki suhu yang rendah.

“Hari ini, tim sudah berangkat menuju ke ketinggian 4000an, namun cuaca yang tidak mendukung. Akhirnya, kembali lagi ke Barrel Hut. Suhunya di sana -5 derajat celcius.” ungkap Agung, dari Gunung Elbrus, Rusia, Hari Rabu (17/8/2016), sekitar pada pukul 08.00 waktu setempat.

Agung juga menambahkan jika pada upacara ini diikuti oleh sebanyak 11 (sebelas) orang yang ada di Pos Pendakian Gunung Elbrus, Barrel Hut.

BACA JUGA :  Jokowi Rayakan Idul Fitri di Surakarta ?

Selain dari mengibarkan bendera merah putih, tim juga tak lupa untuk membaca teks naskah proklamasi Indonesia dan juga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Sebelumnya, tim dari [email protected] ini memiliki rencana untuk bisa mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Elbrus, tepatnya di ketinggian 5642 mdpl.

Akan tetapi, karena harus terkendala oleh cuaca, tim akhirnya tidak jadi mengibarkan di puncak.

“Cuaca di tanggal 16 Agustus 2016 sore hari memang hujan air dan juga es. Terkadang turun setiap 1 (satu) jam, lalu berhenti lagi.” tegas Agung.

Dia juga kembali menambahkan jika 1 (satu) tim pendaki sebelum tim [email protected] juga sempat gagal untuk bisa menembus puncak dari Gunung Elbrus.

Tim juga sempat bertemu di ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut (mdpl) serta memperoleh informasi jika keadaan cuaca sedang buruk.

Selanjutnya, tim [email protected] ini akan mencoba untuk bisa menembus menuju ke puncak Gunung Elbrus tepat di tanggal 19 Agustus 2016 yang akan datang.

Sementara itu, prakiraan cuaca hingga tanggal 18 Agustus 2016 terpantau masih buruk, dan belum bisa untuk didaki.

Comments

Berita Terhangat

To Top