Kesehatan

Ciri-ciri Umum Apabila Anak Memiliki Gizi yang Baik

Ciri-ciri Umum Apabila Anak Memiliki Gizi yang Baik

eKoran.co.id –¬†Nutrisi menjadi asupan yang penting sehingga tumbuh kembang anak bisa menjadi sempurna. Selain itu, nutrisi yang baik juga bisa membuat anak mampu memiliki tubuh yang sehat.

Menurut dari wakil ketua PP PDGMI, yang bernama DR. Dr. Yustina Ani Indriastuti M.Sc, SpGK, menyatakan jika ada sebanyak 9 (sembilan) tanda umum anak memiliki gizi yang baik, seperti :

1. Tinggi badan dan berat badan sesuai dengan umur
Anak yang memiliki asupan gizi baik akan memiliki ciri tubuh dengan tinggi dan juga berat badan yang sesuai dengan umurnya.

2. Postur tubuh terlihat kuat dan tegap
Ciri anak yang memiliki gizi baik akan memiliki postur tubuh yang kuat serta tegap.

“Hal ini dikarenakan asupan lemak, karbohidrat, protein, vitamin dan juga mineral menjadi tercukupi.” ungkapnya.

3. Memiliki kulit yang sehat
Ciri lain yaitu dengan memiliki kulit yang tak kusam, tidak bersisik, tidak ada korengan, lembap, gan juga tak kering.

“Ini karena zat gizi, zinc, dan juga vitamin E, pertumbuhan kulit maka akan menjadi bagus serta mampu memperkuat daya tahan tubuh, sehingga kuman yang ada dari luar nantinya tak mudah untuk menembus kulit.”

4. Mata jernih
Selain menjaga mata untuk terhindar dari kuman, untuk bisa mendapatkan mata yang jernih, maka anak membutuhkan vitamin A dan juga protein.

“Apabila kekurangan vitamin A, maka mata bisa rabun, buta senja, bahkan juga bisa buta, walaupun hal itu sendiri jarang terjadi.”

BACA JUGA :  Jagalah Nutrisi Sayuran Saat Merebusnya

5. Rambut yang berkilau
Apabila kekurangan zinc, protein dan juga vitamin B, maka akan membuat rambut menjadi tumbuh dengan kusam. Maka dari itu, penting dalam memberikan nutrisi itu bagi anak Anda.

6. Tanggap dan ceria
Kaitannya dengan anemia apabila anak itu kekurangan zat gizi dan juga kekurangan yodium. Selain itu, jika tubuh kekurangan karbohidrat, maka mampu membuat anak menjadi lebih cepat lelah dan menjadi cepat mengantuk di sekolah.

7. Nafsu makan
Nafsu makan ditujukan agar anak itu bisa makan yang benar, tidak pilih-pilih dalam makanan, makan juga dengan teratur, dan yang paling penting ialah sesuai dengan kebutuhan atau bisa dikatakan tidak berlebihan, sesuai dengan apa yang sudah semestinya.

8. BAB yang teratur
Anak bisa BAB teratur jika anak cukup serat dan juga air.

“Yang paling bagus itu, buang air besar sehari sekali, namun jika sehari buang air besar 3 (tiga) kali masih oke oke saja, asal tidak mencret.”

9. Tidur nyenyak
“Anak-anak tidak boleh tidur kurang dari 8 (delapan) jam setiap malamnya.”

Karena, jika tidur anak itu kurang dengan apa yang dianjurkan, maka akan mengurangi konsentrasi belajarnya di sekolah serta mampu membuat aktivitasnya menjadi terganggu.

Comments

Berita Terhangat

To Top