Sains

NASA Menemukan Lebih Dari 100 Planet Mirip Bumi

eKoran.co.id – NASA menemukan lebih dari 100 planet asing yang mirip sekali dengan Bumi. Hal ini diungkapkan oleh tim astronom internasional pada Senin (18/7).

Mereka menjelaskan bahwa dalam misi K2 yang digunakan adalah pesawat antariksa Kepler milik Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Total yang berhasil diamati ada 197 kandidat planet. Semua planet itu berhasil ditemukan pada tahun pertama dari misi K2. Pada misi kali ini, mereka juga berhasil memverifikasi keberadaan 104 planet baru yang mengorbiti bintang-bintang di luar tata surya kita.

Dari makalah tim peneliti yang dipublikasikan daring di Astrophysical Journal Supplement Series, ada satu set planet yang cukup menarik sekali. Hal ini karena planet tersebut mirip sekali dengang karakteristik Bumi. Semua planet itu berjumlah empat.

Ukuran diameter dari keempat planet itu antara 20 dan 50 persen lebih besar dari Bumi. Planet itu juga mengorbit pada bintang kerdil M, K2-72, yang mana ditemukan 181 tahun cahaya dari arah konstelasi Aquarius.

Untuk ukuran bintang induknya kurang dari separuh ukuran matahari dan juga kurang terang dibandingkan dengan matahari.

Sedangkan periode orbit dari planet-planetnya berkisar antara lima setengah sampai 24 hari. Dua diantara planet tersebut juga mengalami tingkat iradiasi dari bintang mereka yang sebanding dengan Bumi.