Sains

Matahari Tepat Di Atas Kiblat Pada Jumat Depan

Matahari Tepat Di Atas Kiblat Pada Jumat Depan

eKoran.co.id – Matahari tepat di atas kiblat pada Jumat pekan ini (15/7). Pihak Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Muhammad Thambrin juga sudah mengkonfirmasi hal ini.

Ketika matahari tepat berada di atas kiblat, maka para Muslim di Indonesia bisa memperbaiki arah kiblat shalatnya. Dengan begitu shalatnya lebih khusuk dan sempurna.

Dari perhitungan astronomi, pada Jumat (15/7) matahari bakal melewati Ka’bah tepat pukul 16.27 WIB, demikian sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

“Sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja pada jam itu akan mengarah ke Kabah,” ujar Thambrin.

Thambrin juga menjelaskan bagamana teknik yang bisa digunakan untuk menetukan arah kiblat yang benar. Seperti diantaranya adalah dengan bantuan kompas dan alat ukur theodolit.

Fonomena langka pada saat matahari tepat di atas Ka’bah biasanya dikenal dengan nama Istiwa Azam atau Rashdul Kiblat.

Selain itu, Thambrin juga mengingatkan kepada semua Muslim serta pengurus takmir masjid/mushalla supaya melakukan verifikasi kesesuaian arah kiblat. Namun sebelumnya para Muslim juga harus melakukan langkah-langkah pengoreksian kiblat. Sehingga nantinya arah kiblatnya benar-benar sesuai.

BACA JUGA :  Gerhana Matahari Terungkap

Menurut Thambrin ada tiga yang harus dilakukan oleh semua Muslim untuk mengoreksi arah kiblatnya.

Yang pertama adalah dengan memakai benda berdiri tegak atau memakai bandul. Namun jangan sembarang memakai benda. Pastikan benda yang jadi patokan harus benar-benar berdiri tegak.

Kedua, pastikan permukaan dasar lantai benar datar dan juga rata. Kalau lantainya miring, maka bayangan benda dari matahari juga tidak akan tepat mengarah ke kiblat.

Yang ketiga sekaligus terakhir adalah pastikan jam yang digunakan sama dengan BMKG, RRI atau Telkom. Karena kalau beda waktu, posisi matahari sudah berpindah dari atas Ka’bah.

“Jika ketiga tahapan itu sudah dilakukan, maka bayangan benda yang digunakan untuk memverifikasi itu akan mengarah ke Kabah,” tambah Thambrin.

Sebelumnya, fenomena langka seperti ini juga pernah terjadi pada Jumat (27/5) lalu. Waktu itu matahari juga melintas tepat di atas Kabah pada pukul 16.18 WIB.

Comments

Berita Terhangat

To Top