Sains

Ahli Astronomi Berhasil Menemukan Awan Air Di Luar Tata Surya

Ahli Astronomi Berhasil Menemukan Awan Air Di Luar Tata Surya

eKoran.co.id – Ahli astronomi menjelaskan kalau mereka baru saja menemukan awan air di luar tata surya di mana bumi berada. Ini adalah penemuan yang pertama kali dan sangat langka sekali.

Awan uap air ini ditemukan pada 7,2 tahun cahaya dari bumi di sebuah brown dwarf (sebuah bintang dengan massa rendah) yang mana dinamakan sebagai WISE 0855. Para ahli astronomi ini mengatakan kalau awan air itu adalah objek paling dingin yang ada di luar tata surya kita dan memiliki karakteristik serupa Jupiter.

“Suhunya yang sangat rendah membuatnya menjadi objek pertama selain bumi, Mars, Jupiter dan Saturnus yang memiliki awan air dalam atmosfernya,” kata para peneliti dalam laporan mereka yang dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters. Sekelompok ahli astronomi dari University of California di Santa Cruz menjadi pemimpin dari penelitian ini.

Dari informasi yang dilansir dari Huffington Post, WISE 0855 pertama kali dilihat oleh WISE (Wide-field Infrared Survey Explorer) milik NASA di tahun 2014.

Tapi para ahli astronomi baru bisa mendapatkan gambar spektrum inframerah dari objek luar angkasa belum lama ini. Untuk mendapatkan gambar tersebut, ahli astronomi harus melakukan observasi selama 13 malam dan sekitar 14 jam menggunakan teleskop Gemini-North dan Gemini Near Infrared Spectograph di Hawaii.

Spektrum inframerah yang didapatkan itu bakal memberikan informasi berupa objek luar angkasa yang memiliki suhu rendah.

BACA JUGA :  Fenomena Lubang Misterius di Temukan Oleh Pekerja di Arab Saudi

Assistant Professor of Astronomy and Astrophysics di UC Santa Cruz, Andrew Skemer juga menjelaskan kalau spektrum inframerah tersebut sangat penting sekali karena ada informasi mengenai WISE 0855 dan Jupiter.

“Spektrum kami menunjukkan bahwa WISE 0855 didominasi oleh uap air dan awan dan memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Jupiter,” ujar Skemer. “Sekarang kita telah mendapatkan spektrum, kita dapat mulai belajar apa yang sebenarnya terjadi dalam obyek luar angkasa itu,” tambah Skemer.

Tidah hanya uap air yang sama, Jupiter dan WISE 0855 juga mempunyai suhu yang sama. Untuk WISE 0855 suhunya sekitar 250 derajat Kelvin (23 derajat Celsius). Sedangkan Jupiter suhunya mencapai 130 derajat Kelvin (-143 derajat Celsius).

Namun WISE 0855 dan Jupiter ternyata juga memiliki perbedaan. Salah satunya adalah brown dwarf punya atmosfer yang lebih stabil dari Jupiter. Hal ini karena brown dwarf tidak menyerap gas beracun phosphine seperti yang dilakukan planet Jupiter. Sedangkan ukuran dari WISE 0855 lima kali lebih besar dari Jupiter.

Dengan adanya penemuan WISE 0855 semakin memperkuat kalau planet dan brown dwarf itu hampir. Awalnya brown dwarf lebih dikenal sebagai “bintang gagal”.

Hal ini karena ukurannya yang lebih kecil dari bintang tapi lebih masih lebih besar dari planet.

Menurut informasi dari NASA, brown dwarf juga bisa melakukan fusi nuklir. Artinya WISE 0855 bisa membuat sebuah bintang bersinar.

Comments

Berita Terhangat

To Top