Sains

Ahli Astronomi Berhasil Menemukan Awan Air Di Luar Tata Surya

eKoran.co.id – Ahli astronomi menjelaskan kalau mereka baru saja menemukan awan air di luar tata surya di mana bumi berada. Ini adalah penemuan yang pertama kali dan sangat langka sekali.

Awan uap air ini ditemukan pada 7,2 tahun cahaya dari bumi di sebuah brown dwarf (sebuah bintang dengan massa rendah) yang mana dinamakan sebagai WISE 0855. Para ahli astronomi ini mengatakan kalau awan air itu adalah objek paling dingin yang ada di luar tata surya kita dan memiliki karakteristik serupa Jupiter.

“Suhunya yang sangat rendah membuatnya menjadi objek pertama selain bumi, Mars, Jupiter dan Saturnus yang memiliki awan air dalam atmosfernya,” kata para peneliti dalam laporan mereka yang dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters. Sekelompok ahli astronomi dari University of California di Santa Cruz menjadi pemimpin dari penelitian ini.

Dari informasi yang dilansir dari Huffington Post, WISE 0855 pertama kali dilihat oleh WISE (Wide-field Infrared Survey Explorer) milik NASA di tahun 2014.

Tapi para ahli astronomi baru bisa mendapatkan gambar spektrum inframerah dari objek luar angkasa belum lama ini. Untuk mendapatkan gambar tersebut, ahli astronomi harus melakukan observasi selama 13 malam dan sekitar 14 jam menggunakan teleskop Gemini-North dan Gemini Near Infrared Spectograph di Hawaii.

Spektrum inframerah yang didapatkan itu bakal memberikan informasi berupa objek luar angkasa yang memiliki suhu rendah.