Travel

Inilah Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

Inilah Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

eKoran.co.id – Mudik, atau eksodus tahunan orang-orang dari kota ke kota-kota kecil atau daerah pedesaan untuk berkumpul dengan keluarga mereka untuk merayakan Idul Fitri, merupakan bagian dari tradisi Ramadhan.

Jika Anda berencana untuk bergabung dengan kerumunan mudik dengan jalan tersandung tahun ini, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri untuk apapun yang terjadi selama perjalanan.

 

Memanfaatkan tempat istirahat dan fasilitas

Mereka mengambil jalan raya yang dapat dengan mudah menemukan tempat istirahat sepanjang perjalanan. Meskipun masing-masing menawarkan pilihan yang berbeda, mereka biasanya memiliki sebuah pompa bensin, restoran, toko-toko, kedai kopi, toilet dan mushola.

Jika Anda kebetulan menggunakan toilet, jangan lupa untuk membawa perubahan kecil (dalam kasus Anda harus membayar untuk layanan itu) dan kantong berisi peralatan mandi seperti kertas tisu, tisu basah, mencuci muka dan sabun cair.

Beberapa hari sebelum dan setelah Lebaran, posko mudik (fasilitas istirahat) juga tersedia di sepanjang rute mudik selama 24 jam sehari. Mereka biasanya menyediakan tempat peristirahatan, layanan pesan dan stasiun layanan di mana Anda dapat memeriksa kendaraan Anda dan pastikan itu masih dalam kondisi baik.

 

Mengantisipasi pengalihan lalu lintas

Siapkan diri Anda untuk menghadapi pengalihan lalu lintas yang bisa mendapatkan mengatur sepanjang rute mudik Anda ketika volume lalu lintas dan kemacetan meningkat. Tahun lalu, salah satu pengalihan lalu lintas tersebut dilaksanakan di persimpangan Maya di Pantura, Jawa Tengah.

Untuk mengantisipasi hal ini, menjaga diri diperbarui dengan berita lalu lintas terbaru sehingga Anda akan tahu di mana alternatif rute ini adalah rute. Juga, menggunakan aplikasi peta online untuk mengetahui rute alternatif, seperti Google Maps, Waze, Sygic atau LewatMana.com.

BACA JUGA :  Lakukan Pengamanan, Polisi Jawa Tengah Dilarang untuk Lakukan Cuti Lebaran

 

Tetap bahagia selama kemacetan lalu lintas

Selama Eksodus, Jalan Raya di Jawa Barat akan diisi dengan sejumlah besar orang yang ingin mengunjungi kampung halaman mereka. Tahun lalu, lebih dari 27.000 mobil yang dilaporkan memasuki Cikopo raya.

Selama kemacetan lalu lintas, pertimbangkan untuk melakukan kegiatan menyenangkan seperti membaca buku atau browsing internet untuk mendapatkan update lalu lintas. Bagi mereka yang bepergian dengan anak-anak, membuat mereka terhibur dengan membawa mainan seperti puzzle, buku mewarnai dan mainan praktis namun pendidikan lainnya.

 

Bagaimana menghindari kecelakaan

Tahun lalu, lebih dari 3.000 kecelakaan yang dilaporkan selama mudik. Di antara penyebab yang mengantuk atau melelahkan pengemudi, jalan yang rusak (yang masih bisa ditemukan pada beberapa rute mudik), kebiasaan mengemudi yang buruk dan pencahayaan pinggir jalan yang buruk yang membuat perjalanan jalan lebih berbahaya pada malam hari.

Selalu periksa kendaraan Anda mesin, ban, rem dan minyak sebelum perjalanan. Siapkan tool kit dalam kasus mobil Anda membutuhkan perbaikan cepat.

 

Menjaga perut Anda

Selama mudik, banyak restoran akan tersedia di sepanjang rute populer seperti Pantura, tetapi masih dianjurkan untuk membawa makanan ringan dan makanan Anda sendiri untuk membuat Anda berenergi dalam kasus Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas.

Orang tua yang bepergian dengan anak-anak bisa mempersiapkan makanan ringan namun sehat yang sederhana seperti biskuit dan buah-buahan.

Comments

Berita Terhangat

To Top