Sains

Awal Juli Ada Pemandangan Kilauan Jupiter Dan Uranus

Awal Juli Ada Pemandangan Kilauan Jupiter Dan Uranus

eKoran.co.id – Awal Juli, langit bumi bakal disuguhi pemandangan luar biasa. Jika anda sangat suka sekali dengan pemandangan langka di langit, maka jangan sampai terlewatkan keindahan kilauan Jupiter dan Uranus.

Pada malam hari 1 Juli 2016, kita akan menyaksikan kilauan cahaya planet Jupiter dari arah barat. Kilauan cahaya dari planet Jupiter itu adalah gas dari planet raksasa tersebut. Karena bentuknya yang sangat besar sekali, sehingga bisa dilihat langsung dari bumi saat tengah malam nanti.

NASA juga tidak mau ketinggalan dalam moment bersejarah ini. Bahkan mereka sudah menerbangkan kendaraan ruang angkasa, Juno yang bakal sampai di planet Jupiter pada 4 Juli nanti.

Juno sengaja dikirim oleh NASA mambawa misi untuk mempelajari atmosfer planet Jupiter. Bukan hanya itu saja, NASA juga bakal mempelajari semua interior dalam planet tersebut.

Semua informasi yang NASA dapatkan itu nanti bakal digunakan untuk bahan penelitian. Sehingga mereka lebih mudah dalam mempelajari mengenai planet Jupiter.

Pada awal Juli ini, planet Jupiter tidak sendirian saat memancarkan keindahannya. Namun juga ada planet Uranus yang turut berkilau saat tengah malam.

BACA JUGA :  Google Doodle Hari Ini Merayakan Hari Bumi 2016

Saat awal Juli, posisi dari planet Uranus bakal sangat dekat sekali dengan bulan. Sehingga pancaran sinar dari planet Uranus akan lebih jelas dari bumi.

Nantinya posisi planet Uranus dengan bulan hanya terpisah enam derajat saja. Sehingga kilauan planet ini bisa terlihat dari bumi.

Namun sepertinya untuk bisa menikmati planet Uranus harus lebih sulit dari pada planet Jupiter. Karena ukuran dari planet Uranus yang cukup kecil, sehingga mata telanjang sangat kesulitan untuk menemukannya.

Anda bisa menggunakan teropong binocular untuk bisa menikmati pemandangan planet Uranus yang sangat indah itu.

Planet Uranus sendiri memiliki jarak yang cukup dari bumi, yakni 3 juta kilometer. Karena jarak anatar Uranus dengan bumi cukup jauh, maka cahaya dari planet ini baru bisa di bumis setelah menempuh jarak 2 jam 48 menit.

Selain melewati tata surya yang sangat luas, cahaya dari planet Uranus akan terhalang oleh atmosfer bum yang cukup tebal.

Comments

Berita Terhangat

To Top