Gaya Hidup

Olahraga Lari Dapat Meningkatkan Kekuatan Memori

Olahraga Lari Dapat Meningkatkan Kekuatan Memori

eKoran.co.id – Sebuah percobaan baru-baru ini membuktikan bahwa olahraga lari memberikan memori Anda dorongan. Hal ini disebabkan oleh sekresi protein khusus dalam darah yang disebut cathepsin B.

peneliti AS dan Jerman menemukan bahwa setelah menjalankan, perasaan positif diinduksi sebagai cathepsin B dilepaskan melalui otot, dan kemudian menuju otak.

Penelitian, yang dapat ditemukan di sebuah jurnal yang disebut “Cell Metabolism”, dilakukan pada sekelompok tikus, yang dibuat untuk mengambil tes berenang setiap hari di labirin air Morris yang menampilkan sebuah kolam kecil dengan platform tersembunyi untuk tikus berenang ke. Beberapa tikus-tikus ini mampu menghasilkan cathepsin B, sementara beberapa tidak. Dalam waktu beberapa hari, tikus mampu berenang ke platform. Namun, mereka mampu menghasilkan cathepsin B lebih efisien dalam mengingat posisi itu dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mampu melakukannya.

“Kami juga telah mempertemukan bukti dari penelitian kami yang cathepsin B diregulasi dalam darah dengan latihan selama tiga spesies, yaitu tikus, monyet Rhesus dan manusia. Selain itu, pada manusia yang berolahraga secara konsisten selama empat bulan, kinerja yang lebih baik pada tugas-tugas recall kompleks, seperti menggambar dari memori, berkorelasi dengan peningkatan tingkat cathepsin B, “kata penulis utama studi tersebut Henriette van Praag.

BACA JUGA :  Jarak Usia Yang Cocok Agar Pernikahan Anda Langgeng

Ada fakta menarik tentang cathepsin B yang tidak termasuk dalam penelitian. Misalnya, protein dikaitkan dengan kematian sel dan tumor. Selain itu, beberapa penelitian menyimpulkan korelasi dengan penyakit Alzheimer karena membentuk plak amiloid di otak, sementara yang lain telah menemukan sifat saraf yang menegasi klaim ini.

Meskipun hasil meyakinkan studi tersebut, Van Praag telah mencatat bahwa jumlah yang berbeda dari protein disekresikan pada orang yang berbeda memberikan jalan bagi berbagai efek psikologis.

“Secara keseluruhan, pesan adalah bahwa gaya hidup secara konsisten sehat terbayar. Orang-orang sering bertanya kepada kami, berapa lama Anda harus berolahraga, berapa jam? Studi ini mendukung bahwa perubahan lebih besar terjadi dengan pemeliharaan rezim latihan jangka panjang. “

Comments

Berita Terhangat

To Top