Gaya Hidup

Belanja Cerdas Selama Ramadhan

Belanja Cerdas Selama Ramadhan

eKoran.co.id – Berikut adalah tips tentang bagaimana untuk menghabiskan uang Anda dengan bijaksana selama Ramadhan.

 

Membuat persiapan tahunan

Sejak Ramadhan yang merupakan acara tahunan, itu seharusnya lebih mudah untuk mempersiapkan diri karena memiliki satu tahun untuk melakukannya. Masalahnya adalah, Indonesia memiliki lebih dari dua perayaan besar dalam satu tahun, seperti Tahun Baru, Tahun Baru Cina, Ramadhan dan Natal. Contohnya jika kita sudah tahu bahwa Idul Fitri terjadi pada bulan Juli, mungkin kita bisa memotong anggaran untuk malam tahun baru.

 

Aturan ‘bukber’

Indonesia memiliki tradisi ini disebut buka Bersama, atau “bukber” untuk jangka pendek, yang berarti berbuka puasa bersama dengan keluarga dan teman-teman selama Ramadhan. Anggaran Anda harus disesuaikan dengan situasi Anda. Ini harus memiliki biaya lebih rendah atau setidaknya, sama dengan saat Anda tidak berpuasa.

 

Jadilah kreatif dengan pakaian Anda

Untuk mengantisipasi dorongan pembelian baju baru, yang berarti membeli pakaian yang bisa dipakai untuk bekerja atau batik bukan baju koko (baju kerah lengan panjang). Juga, ada banyak merek lokal yang bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau.

BACA JUGA :  Kak Seto Merasa Mantap Berada di Dunia Anak-anak

Jika Anda tergoda untuk membeli gaun yang sedikit keluar dari anggaran Anda, cobalah untuk membeli satu yang lebih terjangkau sebagai gantinya.

 

Biaya sosial saat ‘mudik’

Berbagai moda transportasi yang tersedia untuk mudik tahunan (eksodus) selama Ramadhan. Cara terbaik adalah untuk membeli transportasi awal untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Namun, yang sering menjadi masalah adalah biaya sosial, yang meliputi biaya hadiah untuk keluarga Anda bahwa Anda mengunjungi kota asal Anda.

 

Pentingnya biaya darurat

Biaya darurat tidak biaya yang digunakan ketika Anda sakit atau terlibat dalam kecelakaan. Ini harus didedikasikan untuk saat smartphone Anda tiba-tiba rusak atau jika Anda melewatkan penerbangan penting.

Comments

Berita Terhangat

To Top