Internasional

Ali, Legenda Tinju Dunia Yang Beristirahat di Kota Kelahirannya

Ali, Legenda Tinju Dunia Yang Beristirahat di Kota Kelahirannya

eKoran.co.id – “The Greatest” dimakamkan di kampung halamannya pada hari Jumat.

Ali membuat satu perjalanan akhir melalui kota yang memujainya melalui prosesi pemakaman melalui jalan-jalan Louisville. Penguburan itu diikuti oleh upacara bertabur bintang di mana petinju besar dunia itu dipuji sebagai sosok berkharismatik.

“Dia adalah seorang legenda besar,” kata komedian Billy Crystal.

Lebih dari tiga jam acara memorial itu hampir sehari penuh berkabung di Louisville untuk Ali, tiga kali juara kelas berat dunia yang meninggal pekan lalu di usia 74 tahun setelah pertempuran panjang dengan penyakit Parkinson.

Diperkirakan 100.000 orang meneriakkan, “Ali! Ali!” berbaris di jalan-jalan saat mobil jenazah yang membawa peti mati yang membuat jalan melewati rumah masa kecilnya ke Louisville Cave Hill Cemetery, di mana layanan pemakaman pribadi diadakan.

“Dia berdiri untuk dirinya sendiri dan untuk kita, bahkan ketika itu tidak populer,” kata Ashia Powell, menunggu untuk melihat sekilas dari prosesi pemakaman.

BACA JUGA :  Kelompok Abu Sayyaf Telah Menculik Pria Asal Jerman Dan Membunuh Pasangannya

Peringatan publik di kota itu penuh sesak dengan selebriti, atlet dan politisi, termasuk mantan Presiden Bill Clinton, Senator Orrin Hatch, sutradara Spike Lee, mantan NFL besar Jim Brown, Arnold Schwarzenegger, bintang sepak bola David Beckham, Whoopi Goldberg dan Kareem Abdul-Jabbar.

Dalam eulogi yang kadang-kadang dicampur dengan duri politik di musim kampanye presiden ini, para pembicara membuat penghormatan kepada Ali sebagai orang yang tidak takut pada prinsip, seseorang yang menjadi salah satu tokoh yang paling polarisasi dari abad ke-20.

“Aku hanya bisa mendengar Muhammad mengatakan sekarang, ‘Well, saya pikir saya harus memuji oleh setidaknya satu presiden,'” kata Clinton.

Kevin Cosby, pendeta dari sebuah gereja Louisville, mengatakan kepada orang banyak bahwa Ali “berani menegaskan kekuatan dan kapasitas Afrika-Amerika”.

Comments

Berita Terhangat

To Top