News

Bulan Puasa Harus Berikan Dampak Positif bagi Umat Islam

Bulan Puasa Harus Berikan Dampak Positif bagi Umat Islam

eKoran.co.id – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, H. Prof Dr Zainal Abidin, MAg menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk bisa menjalankan ibadah puasanya dengan baik sehingga bisa memberi dampak terhadap perubahan perilaku.

“MUI sangat berharap kepada seluruh masyarakat muslim agar bisa memanfaatkan momen ramadan ini dengan baik sehingga bulan yang penuh keberkahan ini diisi dengan berbagai aktivitas keagamaan yang bisa memberi dampak bagi perubahan perilaku.” ujarnya saat di Palu.

Dia juga menegaskan apabila beberapa hari ramadan telah berhasil dilewati dan tak memberi perubahan perilaku di kalangan umat, maka bisa dijelaskan bahwa puasa yang dijalani tak memberi dampak positif kepada seorang ataupun sekelompok orang di dalam perilaku, dalam sikap, serta dalam keimanannya.

Pakar pemikiran Islam modern tersebut menyebutkan agar amal saleh meningkat, maka umat muslim juga perlu untuk mengetahui dari arti puasa itu sendiri.

Menurut dari Rektor IAIN Palu tersebut, puasa memiliki arti yaitu menahan makan dan minum, serta menahan untuk tidak berhubungan badan antara suami istri, dari mulai waktu imsak hingga waktu berbuka puasa.

BACA JUGA :  Polisi Bersikap “Tidak Benar” Dalam Penyelidikan Pemerkosaan

“Hal ini perlu untuk diketahui oleh umat Islam yang tengah mengerjakan ibadah puasanya di bulan ramadan untuk dilaksanakan sebagai salah satu penambah pahala serta dalam meningkatkan keimanan.” tambahnya.

Karenanya, seorang muslim yang mengerjakan ibadah puasa tersebut haruslah diawali dengan niat, lalu diikuti oleh seluruh panca indera dalam segala tindakan, termasuk juga dalam menahan hawa nafsu.

Selama dua hari masa bulan puasa ini, tampak masjid-masjid yang ada di Kota Palu ramai dikunjungi oleh jamaah guna melangsungkan solat tarawih serta juga melaksanakan beberapa kegiatan yang lain untuk meningkatkan keimanan, seperti contohnya pesantren ramadan hingga khataman Al Quran.

Bulan Puasa memang menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena dengan datangnya bulan ramadan ini, ada beribu kebaikan yang nantinya bisa kita dapatkan, beribu pahala juga melimpah dan bisa kita dapatkan seperti contohnya pada malam Lailatul Qadr. Bulan Puasa ini memang sangat ramai karena semakin banyak umat Islam beramai-ramai datang ke Masjid dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya.

Comments

Berita Terhangat

To Top