Teknologi

Xiaomi Beli Hampir 1500 Paten dari Microsoft

Xiaomi Beli Hampir 1500 Paten dari Microsoft

eKoran.co.id –¬†Produsen smartphone atau ponsel pintar yang berasal dari Cina yakni Xiaomi membeli hampir sekitar 1500 paten dari Microsoft. Xiaomi menyatakan jika langkah yang diambilnya itu merupakan salah satu bagian dari kemitraan global yang akan membantu produsen smartphone asal Cina tersebut berekspansi di luar pasar dalam negerinya.

Menurut dari juru bicara Xiaomi sendiri yang bernama Kaylene Hong, ribuan paten tersebut mencakup teknologi komunikasi nirkabel, video, cloud atau dalam bahasa indonesia disebut dengan komputasi awan, serta multimedia, seperti yang telah dilansir dari laman Bloomberg.

“Langkah ini guna mempermudah operasional yang ada di pasar baru.” ungkap Kaylene Hong.

Menurut pernyataan yang diberikan oleh Microsoft, selain membeli ribuan paten tersebut, Xiaomi akan melakukan suatu bentuk pre-install Microsoft Office beserta dengan Skype yang ada di ponsel pintar serta komputer tablet Androidnya. Xiaomi juga dikabarkan jika perusahaan ponsel pintar asal Cina tersebut berhasil menjual sebanyak 70 juta gadget pada tahun lalu.

Pada bulan Mei, Microsoft telah mengumumkan jika penjualan bisnis ponselnya senilai US$ 350 juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp4,5 triliun kepada produsen baru yang ada di Finlandia, yaitu HMD global serta mitra Taiwannya, FIH Mobile yang merupakan dari FoxConn Technology Group.

BACA JUGA :  Tips Memutar Video YouTube Secara Offline Di Ponsel Anda

Microsoft membeli unit bisnis ponsel Nokia Finlandia yang tengah terpuruk di tahun 2014 silam. Akan tetapi, Microsoft hingga saat ini mencoba untuk berupaya menutupnya di saat perusahaan milik Bill Gates itu menghentikan dari sebagian besar produksi ponsel itu.

“Microsoft menggunakan instrumen IP nya atau intellectual property alias properti intelektual sebagai salah satu daya tarik guna membunjuk serta bisa mengunci sejumlah pemain rentan seperti contohnya Xiaomi.” ujar Neil Shah, yang merupakan Direktur Riset Counterpoint Research, kepada Bloomberg.

“Jadi, kemungkinan hal itu merupakan hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak di saat Xiaomi mendapatkan perlindungan intellectual property dan Microsoft akan menambah jumlah rekanannya.”

Kembali dalam pembahasan, langkah yang diambil oleh Xiaomi ini cukup baik karena bisa langsung masuk ke dalam celah untuk membeli hampir 1500 paten dari Microsoft.

Comments

Berita Terhangat

To Top