Sains

Jarak Bumi Dengan Mars Akan Lebih Dekat

Jarak Bumi Dengan Mars Akan Lebih Dekat

eKoran.co.id – Bagi para pecinta astronomi, fenomena laur angkasa jauh lebih mengesankan dari apapun. Pada pekan ini mereka kembali disuguhi dengan fenomena unil, yakni jarak Bumi dengan Mars semakin dekat. Momen langka ini sangat jarang sekali. Pada 11 tahun terakhir, baru kali ini jarak kedua planet ini cukup dekat sekali. Fenomena luar angkasa ini bakal terjadi pada pekan ini, akhir bulan Mei.

Menurut informasi yang kami lansir dari CNN, Senin (30/5/2016), pada hari ini 30 Mei merupakan jarak yang paling dekat antara Bumi dengan Mars.

Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), saat ini jarak Mars dengan Bumi hanya sekitar 75,3 juta kilometer. Bila dilihat sekilas, jarak itu memang sangat jauh sekali. Namun jangan salah, itu adalah jarak diluar angkasa. Padahal jarak biasanya antara Mars dengan bumi adalah sekitar 400 juta kilometer.

NASA juga mengatakan kalau pada posisi ini planet Mars akan kelihatan lebih jelas dan lebih besar lagi sampai tanggal 3 Juni mendatang. Untuk anda yang suka dengan astronomi, jangan sampai melewatkan momen langka ini. Karena fenomenda seperti ini sangat jarang sekali terjadi.

BACA JUGA :  Benarkah Kiamat Besar Pernah Melanda Mars Hingga Melenyapkan Penghuninya

Pada fenomena langka ini, anda tidak butuh lagi teropong untuk menyaksikan langsung planet Mars. Bahkan anda juga tidak perlu lagi menggunakan pemetaan bintang atau aplikasi astronomi untuk menemukan planet Mars dari Bumi.

NASA juga mengatakan kalau waktu yang tepat untuk melihat langsung planet Mars pada wilayah Amerika Serikat, adalah saat tengah malam. Pada saat itu planet Mars akan langsung kelihatan sebagai bintang paling terang di langit bagian tenggara dan terlihat sedikit memancarkan warna merah.

Bila anda kehilangan momen indah ini, anda tidak perlu khawatir. Karena menurut NASA, jarak Mars pada 31 Juli 2018 mendatang akan jauh lebih dekat lagi dengan Bumi. Diperkirakan jarak kedua planet ini hanya 57,6 juta kilometer.

Fenomena langka ini juga pernah terjadi pada 2003 silam. Waktu itu jarak Mars dengan Bumi hanya 55.758.006 kilometer, diukur dari pusat Mars ke pusat Bumi.

Menurut NASA jarak tersebut merupakan jarak paling dekat antara kedua planet ini dalam kurun waktu 60 ribu tahun. Menurut perhitungan para ilmuwan, jarak sedekat itu bakal terulang lagi nanti pada 28 Agustus tahun 2287.

Comments

Berita Terhangat

To Top