Kesehatan

Konsumsi Ganja Mengubah DNA Berpotensi Menyebabkan Mutasi

eKoran.co.id – Konsumsi ganja dapat mengubah struktur DNA perokok, berpotensi menyebabkan mutasi yang mungkin mengekspos mereka untuk penyakit berat, para ilmuwan mengatakan. Lebih buruk lagi, hal ini bisa meningkatkan risiko kanker dan malformasi janin untuk anak-anak mereka.

Dalam studi epidemiologi sebelumnya, hubungan antara ganja dan kanker pada orang dewasa dan anak-anak, serta malformasi janin sudah ditetapkan. Namun, mekanisme molekuler di balik fenomena ini belum dijelaskan.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam Mutasi Penelitian & Fundamental dan Mekanisme Molekular Mutagenesis, berfokus pada menjelaskan apa yang bisa terjadi pada kromosom ketika THC – molekul aktif dalam ganja – hadir dalam tubuh.

Segregasi kromosom

Para ilmuwan dari University of West Australia, melakukan peninjauan luas literatur ilmiah. Mereka menemukan bahwa THC – senyawa kimia aktif dalam ganja – mengganggu segregasi kromosom saat terjadi pembelahan sel.

“Melalui penelitian kami menemukan bahwa kanker dan penyakit yang kemungkinan disebabkan oleh mutasi sel yang dihasilkan dari sifat ganja memiliki interaksi kimia dengan DNA seseorang,” Professor Stuart Reece menjelaskan dalam sebuah pernyataan.

Interaksi ini dapat menyebabkan fenomena “chromothripsis”, yang dimana kromosom pecah menjadi potongan-potongan dan kemudian berantakan pemasangan kembali ke dalam kromosom berfungsi. Seperti perubahan sebuah ke struktur DNA dapat menyebabkan mutasi menginduksi kanker dan konsekuensi kesehatan negatif lainnya bagi orang tua dan anak-anak.