Teknologi

Samsung Merajai Penjualan Smartphone Kuartal Pertama 2016

Samsung Merajai Penjualan Smartphone Kuartal Pertama 2016

eKoran.co.id –¬†Penjualan smartphone kepada para pengguna atau biasa disebut dengan end-user secara global, berdasarkan laporan terbaru dari Gartner, mencapai hingga sekitar 349 juta unit pada kuartal pertama tahun 2016 ini. Angka yang ditunjukkan tersebut mengalami peningkatan hingga sebesar 3,9 persen, apabila kita mencoba membandingkannya dengan periode yang sama di tahun 2015 silam.

Terungkap pula jika penjualan smartphone telah merepresentasikan sebanyak 78 persen dari total penjualan ponsel secara umum pada kuartal pertama tahun 2016 tersebut.

Yang cukup menarik di sini dan menjadi sorotan ialah penjualan smartphone didukung oleh dua hal, yakni adanya permintaan atas smartphone murah yang ada di pasar negara-negara berkembang serta permintaan atas smartphone 4G yang cukup terjangkau, hal ini cukup selaras dengan paket promosi layanan jaringan 4G dari kebanyakan operator seluler yang menyebar di pasar yang ada di seluruh penjuru dunia.

Lalu, siapa yang menjadi penguasa pasar ponsel tersebut? Pada data yang telah dibuat Gartner, Samsung lah yang menjadi salah satu vendor penguasa smartphone dunia dengan menjual sebanyak 81,1 juta unit smartphonenya pada kuartal pertama di tahun 2016. Dengan perolehan angka sebanyak itu, maka bisa dikatakan jika Samsung telah mengantongi sebanyak 23,2 persen pangsa pasar.

BACA JUGA :  Asus Perkenalkan Robot Pintar yang Bernama Zenbo

Sementara itu, untuk posisi kedua, ada vendor Apple di sana yang mampu menjual smartphonenya hingga 51,6 juta unit smartphone. Angka tersebut membuat pangsa pasar Apple meraup hingga 14,8 persen.

Tidak hanya itu saja, ada juga Huawei, Oppo, serta Xiaomi yang menduduki pada posisi ketiga, keempat, serta kelima, dengan masing-masing angka penjualan smartphone mereka adalah 28,8 juta unit smartphone, 16,1 juta unit smartphone serta 15 juta unit smartphone. Pangsa pasar tersebut masing-masing memperoleh 8,3 persen, 4,6 persen serta 4,3 persen.

Dari kelima vendor tersebut, ada vendor lain dan penjualan smartphone dari sejumlah vendor yang lain dan jika digabungkan, mencapai hingga 156,4 juta unit dengan pangsa pasar mencapai 44,8 persen.

Terbukti dengan data yang disajikan, jika peminat smartphone masih cukup banyak dan smartphone masih menjadi perangkat yang cukup digandrungi oleh masyarakat yang ada di seluruh dunia.

Comments

Berita Terhangat

To Top