Internasional

India Rayakan Kesuksesan Peluncuran Pesawat Luar Angkasa

India Rayakan Kesuksesan Peluncuran Pesawat Luar Angkasa

eKoran.co.id – India telah melakukan uji coba peluncuran sukses dari prototipe pesawat ruang angkasa yang berharap untuk menggunakan untuk menyampaikan satelit ke orbit di masa depan. India membuat Reusable Launch Vehicle (RLV) yang diluncurkan di atas sebuah roket pendorong dari Sriharikota di bagian selatan negara bagian Andhra Pradesh.

Laporan mengatakan kerajinan bersayap diangkat di luar atmosfer yang lebih rendah dengan roket sebelum dipisahkan, dengan shuttle kemudian naik lagi 20km (12 mil) pada kecepatan hipersonik.

Kemudian kembali memasuki atmosfer pada lebih dari lima kali kecepatan suara sebelum menabrak Teluk Benggala.

Misi ini dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang penerbangan hipersonik dan berlangsung sekitar 10 menit kata surat kabar Hindu.

“Semuanya berjalan sesuai dengan projectory itu,” kata seorang juru bicara Organisasi Riset Antariksa India (Isro) mengatakan, dan menambahkan bahwa pesawat ruang angkasa jatuh tidak akan pulih dari laut.

 

Mekanisme peluncuran dengan biaya rendah

Misi ini adalah yang pertama dari empat fase demonstrasi proyek teknologi, atau RLV-TD, pada akhir yang India berharap untuk memiliki program pesawat ulang-alik yang layak.

BACA JUGA :  Jokowi Mengajak Para Pemimpin Uni Eropa Untuk Mempromosikan Perdamaian dan Toleransi

Tes berikutnya akan fokus pada arahan, atmosfer re-entry dan propulsi, dengan prototipe akhir tidak diharapkan untuk siap sampai 2030 mendatang.

Pemerintah India telah menginvestasikan 1 miliar rupee (£ 10 juta) dalam proyek tersebut.

“RLV adalah mekanisme bagi kita untuk menurunkan biaya peluncuran,” kata ketua Isro Kiran Kumar kepada Times of India.  “Kami bermaksud untuk pergi melalui serangkaian latihan demonstrasi teknologi, yang pertama adalah sebuah eksperimen hipersonik. Kami sedang merancang untuk pertama kalinya tubuh bersayap, yang akan kembali dari ruang angkasa. Ini akan dilakukan pada motor roket padat.

“Selain itu, ini adalah yang pertama dari serangkaian eksperimen dan kami masih memiliki jalan panjang untuk pergi sampai kita mencapai RLV yang sebenarnya, yang akan memberi kita kapasitas luar biasa dalam hal peluncuran dengan biaya yang sangat rendah,” tambah Kumar.

Perdana Menteri Narendra Modi mengucapkan selamat kepada ilmuwan dengan tweet, yang mengatakan: “Peluncuran pertama RLV-TD merupakan hasil dari upaya ilmuwan kami, selamat kepada mereka”

Comments

Berita Terhangat

To Top