Internasional

Gempa Bumi Berkekuatan 6,7 SR Guncang Ekuador

Gempa Berkekuatan 6,7 SR Guncang Ekuador

eKoran.co.id – Gempa bumi yang diketahui berkekuatan 6,7 SR ini telah mengguncang wilayah pantai Ekuador. Presiden Ekuador yaitu Rafael Correa telah menyatakan tak adanya laporan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi ini.

Gempa yang berkekuatan 6,7 SR ini telah mengguncang di wilayah yang sama dengan gempa berkekuatan 7,8 SR yang telah menewaskan hingga lebih dari 650 orang di Ekuador pada bulan yang lalu. Institut Geologi Nasional Ekuador ini telah mencatat adanya gempa yang telah mengguncang tepat pada pukul 02.57 waktu setempat yang berpusat di wilayah Manabi, Ekuador bagian barat.

Survey Geologi Amerika Serikat telah menyatakan jika tak ada ancaman terjadi tsunami yang diakibatkan oleh gempa tersebut. Survei Geologi AS telah mencatat gempat terbaru ini berpusat pada kedalaman 32 kilometer dari permukaan laut serta terletak pada lokasi sejauh 136 kilometer sebelah barat laut dari ibu kota Quito.

“Pusat gempa ini ada pada Mompiche. Tidak ada laporan kerusakan. Juga, tak ada peringatan tsunami.” ujar Presiden Ekuador, Rafael Correa dalam akun Twitter miliknya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga telah menyatakan tak adanya bahaya tsunami yang terjadi dari gempa ini.

BACA JUGA :  Dua Mahasiswa Rusia Terpaksa Ngamen Karena Dirampok Saat Penelitian di Indonesia

Sejumlah saksi mata juga menuturkan jika gempa ini hanya memutus aliran listrik pada sejumlah wilayah pantai serta membuat warga menjadi panik hingga berlarian ke jalanan. Warga juga menambahkan jika tak adanya laporan kerusakan terkait dari akibat gempa tersebut.

Gempa bumi besar yang juga telah mengguncang Ekuador pada bulan April yang lalu, tercatat merupakan gempa yang paling parah di negara tersebut, di dalam tujuh dekade terakhir. Gempa tersebut telah meratakan ribuan gedung beserta rumah warga yang juga berlokasi di sepanjang pantai barat Ekuador, yang mengakibatkan jalanan rusak. Sekitar 16.600 orang luka-luka akibat dari gempa yang telah menimbulkan kerugian hingga sebanyak US$ 2 miliar itu.

Sekali lagi bisa dipastikan jika gempa bumi yang terjadi pada pukul 02.57 waktu setempat tidak menimbulkan kerusakan apapun dan juga tidak menimbulkan potensi terjadinya tsunami. Hanya saja, orang-orang yang ada di sekitar berlarian ketakutan karena gempa yang terjadi tersebut. Hingga kini masih aman-aman saja di Ekuador.

Comments

Berita Terhangat

To Top