Sains

9 Mei, Akan Ada Siluet Hitam Planet Merkurius di Matahari

9 Mei, Akan Ada Siluet Hitam Planet Merkurius di Matahari

eKoran.co.id – 9 Mei mendatang akan ada fenomena alam yang sangat langka. Kali ini akan ada planet yang terlihat di wajah Matahari. Planet tersebut adalah Merkurius. Kejadian seperti in tidak pernah ada dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Planet Merkurius sendiri merupakan planet yang paling kecil diantara planet lainnya yang ada di tata surya. Planet ini juga yang paling dekat dengan Matahari. Untuk waktu revolusinya butuh 88 hari, sedangkan rotasinya sendiri hingga mencapai 59 hari. Kecerahan planet ini berkisar di antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan Matahari kecil, sehingga Merkurius hanya bisa dilihat saat subuh dan maghrib saja.

Fenomena alam yang langka pada Planet Merkurius membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 7,5 jam untuk bisa menempuh orbit piringan matahari. Siluet hitam yang muncul itu dinamakan dengan peristiwa trasit Planet Merkurius. Fenomena langit yang cukup langka ini akan berlangsung dari 07.12 ET hingga 14.42 ET.

Menurut informasi dari National Geographic, tempat yang paling bagus untuk meyaksiakan siluet hitam Planet Merkurius adalah di Patai Timur Amerika Utara hingga sebagaian besar Amerika Selatan serta Eropa Barat. Dari tempat ini, anda bisa menyaksikan fenomena langka ini pada siang hari.

BACA JUGA :  Penemuan Tiga Planet yang Layak Bagi Kehidupan Baru

Bagi anda yang berada di Pantai Barat Amerika tidak perlu khawatir, karena anda juga masih bisa menyaksikannya pada saat matahari terbit. Untuk anda yang berada di Afrika, Eropa Timur, dan juga Asia, fenomena transit Planet Merkurius bisa dinikmati ketika matahari terbenam. Namun untuk anda yang ada di Asia Timur, Australia, serta Selandia Baru tidak dapat menyaksikan fenomena Planet Merkurius. Termasuk di Indonesia juga tidak bisa.

Fenomenda transit Planet Merkurius merupakan titik hitam dari planet tersebut yang hanya selebar 1/158 piringan Matahari. Untuk bisa menikmati fenomena langka ini, anda harus menggunakan alat visual yang tingga. Fenomena transit Planet Merkurius tidak boleh dilihat langsung dengan mata telanjang, karena bisa merusak mata. Namun anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa menyaksikannya melalui website observatorium Slooh.

Sebenarnya semua planet di tata surya bisa mengalami fenomena seperti ini. Namun yang bisa disaksikan langsung dari bumi hanyalah transit Planet Merkurius dan Planet Venus. Untuk transit Planet Merkurius hanya terjadi 13 hingga 14 kali dalam satu abad. Sedangkan, transit Planet Venus hanya terjadi satu kali dalam satu abad. Terakhir kali fenomena transit Planet Venus terjadi pada tahun 2012 lalu dan akan terjadi lagi pada tahun 2117 mendatang.

Comments

Berita Terhangat

To Top