News

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Sigmund Freud ke-160

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Lahir Sigmund Freud ke-160

eKoran.co.id – Bila kita perhatikan pada laman utama Google pasti ada yang beda hari ini. Betul sekali, hari ini tanggal 6 Mei 2016 Google Doodle peringati hari lahir Sigmund Freud yang ke-160. Beliau lahir di Freiberg, 6 Mei 1856, kemudian meninggal di London, 23 September 1939 pada umur 83 tahun.

Sigmund Freud merupakan orang Austria keturunan Yahudi. Beliau juga pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious).

Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu, dia juga memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya.

Lalu sebenarnya siapa Sigmund Freud itu? Freud juga dikenal sebagai bapak psikoanalisis, ini merupakan salah satu metode penyembuhan penyakit jiwa dengan cara berdialog antara sang dokter dengan pasien itu sendiri. Dengan cara seperti ini diyakini bisa lebih cepat menyembuhkan penyakit jiwa.

Layaknya orang pada umumnya, Freud juga menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Pada tahun 1881, ia lulus dari University of Vienna, kemudian dia mendapatkan gelar dokter. Setelah itu pada tahun 1885, Sigmund Freud kembali mendapatkan gelar guru dalam bidang neuropathology.

BACA JUGA :  Polisi Gerebek Pelaku Tawuran Ojek Online di Kos-Kosan

Sigmund Freud akhirnya menjadi profesor pada tahun 1902. Sejak tahun 1886, Freud tinggal di Vienna, namun pada tahun 1938 ia pergi ke Inggris untuk menghindari Nazmi. Namun setahun kemudian beliau malah meninggal dunia.

Sigmund Freud juga bukanlah orang yang pertama kali memperkenalkan metode psikoterapi verbal. Namun, sistem dan metode yang ia gunakan banyak dipakai oleh orang lain pada awal abad 20. Setelah itu, bermuncunlan berbagai macam varian metode yang menggunakan dasar metode miliknya.

Walaupun banyak bermunculan variasi metode psikoterapi verbal yang baru, namun intinya tetap sama yakni mengubal pola pikir serta tingkah laku sang pasien agar mau terbuka dan berbicara langsung dengan sang dokter. Dengan begitu sang dokter akan lebih mudah menyembuhkan penyikat jiwa pada pasien. Hingga saat ini, psikoanalisis masih menjadi bagian penting dari psikologi, psikiatri, dan psikoterapi.

Ada juga metode interpretasi yang digunakan oleh Sigmund Freud. Metode ini merupakan salah satu cara untuk melihat suatu masalah lebih dalam, bukan hanya dari permukaannya saja. Untuk itulah, Doodler Kevin Laughlin membuat Doodle hari ini dengan gambar permukaan laut, wajah Freud di bagian permukaan dan sebongkah es di bagian bawah permukaan. Menurut pihak Google sendiri, arti dari sebongkah es pada ilustrasi Doodle hari ini merupakan lambang dari dalamnya alam bawah sadar manusia.

Comments

Berita Terhangat

To Top