News

Siapa Jane Jacobs yang Jadi Google Doodle Hari Ini ?

Siapa Jane Jacobs yang Jadi Google Doodle Hari Ini

eKoran.co.id – Saat membuka halama utama Google hari ini, Rabu (4/5/2016),  Anda akan menemukan logo Google yang biasa dijumpai diganti dengan doodle kartun yang berkisah tentang seorang perempuan berkacamata yang tengah perkotaan.

Doodle kali ini menampilkan kartun ilustrasi seorang berkacamata, tak ada goresan yang membentuk huruf Google di sana, kecuali warna khas Google yang dituangkan pada gedung-gedung di dalam ilustrasi tersebut.

Doodle tersebut sengaja dibuat Google untuk memperingati ulang tahun Jane Jacobs, seorang jurnalis sekaligus penulis buku yang berasal dari Scranton, Pennsylvania, yang karya-karyanya telah mendunia.

Tak hanya di halaman utama saja doodle Jane Jocobs dipajang oleh Google, di halaman hasil pencarian di pojok kiri atas juga dipajang doodle berupa karakter kartun perempuan berkacamata khas dengan penampilan Jane Jacobs.

Sedikit Biografi Tentang Jane Jacobs

doodle jane jacobs

Jane Jacobs lahir pada 4 Mei 1916, di Scranton, Pennsylvania. Setelah bekerja sebagai wartawan dan penulis lepas, dia bergabung dengan staf redaksi Forum Arsitektur pada tahun 1952. Karya pertamanya di lingkungan perkotaan, The Death and Life of Great American Cities, diterbitkan pada tahun 1961. Dia menerbitkan buku terakhirnya, Dark Age Ahead, pada tahun 2004. Dia meninggal pada tanggal 25 April 2006, di Toronto, Kanada.

Meskipun dia tidak memiliki pelatihan formal sebagai perencana perkotaan, Jane Jacobs merevolusi cara pandang kehidupan kota. Visinya terinspirasi saat ia tinggal di kawasan New York City Greenwich Village, campuran townhouse, bangunan apartemen tinggi dan jalan-jalan sempit yang semua memupuk.

BACA JUGA :  Jokowi Ingin Anggaran Negara Fokus Untuk Sosial

Setelah bekerja sebagai wartawan dan penulis lepas, Jane Jacobs bergabung dengan staf redaksi Forum Arsitektur pada tahun 1952. Dia bersatu melawan dorongan untuk memodernisasi daerah perkotaan dengan menghancurkan lingkungan didirikan. Dia pertama banyak karya di lingkungan perkotaan, The Death and Life of Great American Cities, diterbitkan pada tahun 1961.

Dalam novel, Jane Jacobs dieksplorasi apa yang membuat lingkungan penting dan bagaimana yang bentrok dengan pemikiran kontemporer tentang perencanaan kota. Dia memberikan banyak contoh lingkungan besar, termasuk sendiri-New York Greenwich Village. Selain menulis, Jacobs juga bekerja pada banyak kampanye untuk melestarikan lingkungan tertentu. Dia bertugas di Badan Perencanaan New York untuk sementara waktu.

Jane Jacobs menikah dengan arsitek bernama Robert Hyde Jacobs, Jr, sejak tahun 1944, Jane Jacobs dan keluarganya pindah ke Toronto, Kanada, untuk pekerjaan suaminya pada tahun 1968. Setelah meninggalkan New York, ia berfokus pada menulis dan menjadi untuk memperluas ruang lingkup pekerjaannya . Beberapa karya yang paling terkenal nya adalah Kota dan Wealth of Nations (1989), Sistem Kelangsungan Hidup (1992) dan The Nature Ekonomi (2000).

Dalam buku terakhirnya, Dark Age depan (2004), Jane Jacobs menyatakan keprihatinan tentang pembusukan budaya. Dia meninggal pada tanggal 25 April 2006, di Toronto, Kanada.

Comments

Berita Terhangat

To Top