Sains

Studi: Kepunahan Dinosaurus Jauh Sebelum Serangan Asteroid

e-Koran – Studi: Kepunahan Dinosaurus Jauh Sebelum Serangan Asteroid. Dinosaurus mulai punah jauh sebelum serangan asteroid sekitar 66 juta tahun yang lalu, kata sebuah penelitian.

Ini kontribusi terbaru untuk perdebatan panjang berjalan: Apakah asteroid membalikkan keberuntungan dari kelompok yang berkembang dari hewan tersebut? Atau dinosaurus sudah berjuang, dan efek mengganggu dari asteroid mendorong mereka di tepi kepunahan?

Sementara beberapa berpendapat bahwa dinosaurus mulai petering beberapa 5 juta atau 10 juta tahun sebelum kepunahan terakhir mereka, penelitian terbaru  menunjukkan hal itu mulai terjadi jauh lebih awal, mungkin 50 juta tahun sebelum bencana asteroid.

Dalam hal spesies, “mereka akan punah lebih cepat daripada yang mereka bisa menggantikan diri mereka sendiri,” kata ahli paleontologi Manabu Sakamoto dari University of Reading di Inggris.

Dia memimpin tim ilmuwan Inggris yang menganalisa tiga pohon keluarga dinosaurus besar, mencari bukti saat kepunahan mulai melebihi penampilan spesies baru.

Mereka menemukan bahwa mulai terjadi sekitar 50 juta tahun sebelum asteroid untuk sebagian kelompok dinosaurus. Dua kelompok lainnya menunjukkan peningkatan daripada penurunan; jika hasil mereka dimasukkan, waktu keseluruhan untuk memulai penurunan dinosaurus menyusut menjadi 24 juta tahun sebelum kematian akhir.