Travel

Taman Nasional Komodo Menjadi Tujuan Populer Bagi Kapal Pesiar

Taman Nasional Komodo Menjadi Tujuan Populer Bagi Kapal Pesiar

Dinamakan salah satu keajaiban alam oleh UNESCO pada tahun 2011, Taman Nasional Komodo di Flores, Nusa Tenggara Timur, menjadi tujuan wisata yang populer, dikunjungi oleh penumpang kapal pesiar dari seluruh dunia.

Berbagai acara pariwisata, seperti Sail Komodo, yang diadakan di Pede Pantai di desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat pada September 2013, telah menarik banyak wisatawan.

Pada Februari, delapan kapal pesiar mengunjungi Taman Nasional Komodo, membawa 3.210 orang, data dari manajemen Taman Nasional Komodo mengungkapkan. Angka ini harus terus meningkat karena beberapa musim liburan wisatawan mungkin ingin menikmati sampai akhir tahun ini. Pada 2015, 29 kapal pesiar tercatat telah membawa 15.230 wisatawan domestik dan asing untuk menghabiskan liburan mereka di Taman Nasional Komodo.

“Secara total, 100.868 wisatawan domestik dan asing telah mengunjungi Taman Nasional Komodo selama periode 2010 sampai Februari 2016,” juru bicara taman nasional ini, Margaretha Priska, mengatakan kepada thejakartapost.com dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Dia mengatakan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari taman sebesar Rp 3,44 triliun (US $ 258,80 juta) pada periode yang sama. Pada 2015, taman nasional yang dihasilkan Rp 19290000000, naik tajam dari Rp 5490000000 pada tahun 2014 dan Rp 4410000000 pada tahun 2013.

Flores pariwisata aktivis Ferdinandus Watu mengatakan thejakartapost.com bahwa Indonesia akan menjadi tujuan utama bagi kapal pesiar dalam 10 tahun ke depan.

Dia lebih lanjut mengatakan itu meramalkan bahwa perusahaan pelayaran lebih akan menawarkan tujuan pelayaran di Australia, Cina dan negara-negara Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Indonesia Mempromosikan Budaya Unik Untuk Menarik Wisatawan India

Ferdinandus menjelaskan bahwa pada periode November sampai Februari, orang-orang dari negara-negara di belahan bumi utara akan biasanya pergi di kapal pesiar ke negara-negara tropis. Sebagian besar kapal pesiar yang ditawarkan Singapura sebagai pelabuhan panggilan, dan Indonesia harus bisa mengambil keuntungan dari meningkatnya permintaan untuk liburan pelayaran di negara-negara tropis, tambahnya.

“Pertanyaannya adalah: Apakah Indonesia siap” tanya Ferdinandus.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa alih-alih Indonesia, banyak jalur pelayaran yang ditawarkan Malaysia dan Thailand sebagai destinasi liburan karena sejumlah kendala di Indonesia. Terlepas dari dibebani oleh pungutan liar di pelabuhan, perusahaan kapal pesiar telah mengklaim mereka harus berurusan dengan peraturan yang sulit yang membuat sulit bagi mereka untuk mengatur kunjungan ke tujuan Indonesia, termasuk Flores. Infrastruktur yang buruk memperburuk situasi.

Ferdinandus mengatakan penumpang kapal yang paling pesiar 40 tahun atau lebih tua dan menuntut kenyamanan tertentu. “Fasilitas kami, seperti mobil-AC dan akomodasi yang nyaman dan dilengkapi dengan baik, serta port yang sesuai, masih terbatas,” kata Ferdinandus.

“Hal ini tidak mengherankan bahwa hanya kapal pesiar dengan kapasitas penumpang di bawah 150 orang dapat jangkar di Flores. Kami belum bisa menampung kapal pesiar dari kapasitas yang lebih besar, karena kita masih tidak memiliki port yang sesuai, “ia melanjutkan.

Comments

Berita Terhangat

To Top