Politik

Ahok Bantah Membiayai Teman Ahok

Ahok Bantah Membiayai Teman Ahok

Gubernur Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama membantah pembiayaan Teman Ahok (Friends of Ahok), terutama dalam bentuk hibah sebesar Rp 500 juta (US $ 38.233) untuk operasi awal dari kelompok relawan yang mendukung incumbent gubernur.

“Saya tidak punya uang. Dari mana saya mendapatkan uang itu? Ini bisnisnya [Hasan Nasbi ini],” kata Ahok.

Ahok menyebut Hasan Nasbi, direktur konsultan kampanye politik Jaringan Cyrus. Ahok mengatakan Hasan adalah pendukung gerakan Jakarta Baru (New Jakarta) ketika Ahok dan Presiden Joko “Jokowi” Widodo maju sebagai calon gubernur gubernur dan wakil dalam pemilihan 2012.

“Setelah itu, Hasan dan saya menjadi teman baik,” kata Ahok.

Secara terpisah, Hasan mengatakan bahwa Rp 500 juta disumbangkan oleh 10 orang yang mendukung Ahok. “Setiap dari kita memberi Rp 50 juta. Sebagian besar donor adalah mitra bisnis saya,” kata Hasan thejakartapost.com Jumat.

BACA JUGA :  Pemprov DKI Jakarta Menunda Penggusuran Luar Batang

Uang itu digunakan oleh relawan Teman Ahok untuk membuat bentuk merchandise dan dukungan cetak, kata Hasan, menambahkan bahwa selain menjadi konsultan politik, ia juga dimiliki restoran dan bisnis properti.

Sebelumnya, anggota parlemen dari DPR Komisi II mengawasi urusan dalam negeri dan pemerintahan daerah yang diusulkan artikel tambahan untuk Pemilihan Hukum Daerah untuk meminta audit dari sumber-sumber keuangan pendukung independen seperti Teman Ahok.

Menanggapi usulan tersebut, Ahok mengatakan dia tidak menentang gagasan itu. “Hanya mengaudit mereka [para relawan]; itu bukan urusan saya, “kata Ahok.

Ahok menambahkan bahwa ia menyimpan semua uangnya di bank sehingga semua transaksi nya bisa dilacak oleh PPATK.

Comments

Berita Terhangat

To Top