News

Kunjungan Presiden Joko Widodo Ke India Karena Ingin Membahas Masalah Diversifiksi Ekspor

Presiden Jokowi Tiba di India

eKoran.co.id – Setelah melakukan perjalanan selama tujuh jam, akhirnya Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Palam Airport, New Delhi, India. Presiden dan rombongan berangkat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Minggu (12/12/2016) sekitar pukul 18.30 WIB.

Presiden juga disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk India, yakni Rizali Indrakesuma dan Atase Pertahanan Ardiansyah Muqsit. Kedatangan Presiden Jokowi ke India adalah untuk memulai kunjungan kerjanya dengan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi serta Presiden India Pranab Mukherjee.

Rencananya, Presiden Joko Widodo hanya dua hari berada di India, yakni pada 12-13 Desember 2016. Setelah itu, ia akan bertolak ke Republik Islam Iran pada 14 Desember 2016.

Kunjungan Presiden ke India dan Iran tersebut merupakan kunjungan balasan, yang mana pada Oktober 2013 Perdana Menteri India telah berkunjung ke Indonesia. Serta pada April 2015, Presiden Iran juga mengunjungi Indonesia.

BACA JUGA :  Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter Mengguncang Garut Jawa Barat

Selain itu, hal ini mengingat bahwa dua negara yakni India dan Iran merupakan dua begara yang mempunyai potensi kerja sama yang sangatlah besar. dan India sendiri dianggap sebagai mitra dagang Indonesia terbesar di Asia Selatan juga mitra terbesar ke empat di dunia.

Di India, Presiden Joko Widodo akan membahas mengenai diversifikasi ekspor Indonesia ke India. Lainnya Presiden juga akan membahas upaya peningkatan kerja sama investasi pada industri bahan baku obat-obatan.

Sementara di negara Iran, Presiden Jokowi akan membahas mengenai peningkatan kerja samanya di bidang minyak dan gas, termasuk kerja sama pengelolaan lading minyak di Iran dan investasi kilang minyak di Indonesia. Semua itu karena Iran merupakan negara yang mempunyai cadangan energi yang cukup tinggi.

Comments

Berita Terhangat

To Top