Kesehatan

Jangan Samakan Obat Batuk Pada Anak Dan Orang Dewasa

Waspadai Batuk Pada Anak

eKoran.co.id – Kondisi cuaca yang saat ini tak pasti, terkadang panas dan hujan dapat menyebabkan anak gampang terserang penyakit, khususnya batuk. Batuk sendiri merupakan mekanisme pertahanan tubuh pada saluran pernapasan serta gejala suatu penyakit terhadap iritasi di tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan adanya bakteri dari debu, asap, lendir, makanan yang tidak sehat dan masuk melalui mulut.

Batuk akan terjadi karena suatu rangsangan, contohnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, telinga). Reseptor tersebut akan mengalirkan melalui syaraf ke pusat batuk yang ada dibagian otak. Disinilah sinyal diberikan pada otot-otot tubuh guna mengeluarkan benda asing dan terjadilah batuk.

Mengatasi batuk pada anak tidak boleh sembarangan, karena jenis obat anak dengan orang dewasa berbeda, juga sistem kekebalan tubuh mereka. Untuk mengatasi batuk pada anak sebaiknya menggunakan obat-obatan herbal terlebih dahulu. Misalnya menggunakan jeruk nipis yang dicampur dengan madu, atau bisa juga dengan kunyit yang dicampur dalam susu.

Namun sangat penting untuk mengetahui jenis batuk yang dialami sang anak. Dr Melanie Yudiana Iskandar Sp A menyarankan jika anak menderita batuk, makannya jangan dipaksa, karena yang terpenting adalah cairan tetap masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA :  Yuhu! Makanlah Pizza agar Lebih Giat Bekerja

“Anak kalau sudah batuk pasti makannya susah. Nah itu jangan dipaksa. Yang terpenting cairan tetap masuk. Anak jangan sampai dehidrasi karena percuma obat-obat itu tidak akan bekerja dengan baik,” ucap Melanie.

“Jadi anak harus cukup cairan. Kemudian hindari debu, paparan asap rokok dan makanan atau minuman yang dapat merangsang batuk. Lalu minyak kayu putih atau minyak telon dapat diberikan ke dada sang anak,” imbuhnya.

Sementara itu, segera periksakan ke dokter jika anak mengalami batuk yang disertai dengan gejala lain, misalnya.

1. Kesulitan bernapas

2. Napas berbunyi setelah batuk

3. Anak kelihatan lemas, tidak nyaman dan rewel

4. Dehidrasi disertai dnegan mulut kering, pusing, mengantuk, mata cekung dan buang air kecilnya sedikit

5. Batuk yang disertai dengan darah

Comments

Berita Terhangat

To Top