Kesehatan

Selalu Perhatikan Gejala Penyakit Cacingan Yang Muncul Pada Anak

Gejala Penyakit Cacingan

eKoran.co.id – Penyakit cacingan muncul karena kebersihan yang kurang terjaga hingga menyebabkan penyebaran infeksi akibat cacing. Penyakit ini sangat mudah menyerang anak-anak, cacing tersebut masuk melalui benda atau bahkan tangannya yang di masukkan ke dalam mulut. Penyebab lainnya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari kurang sehat dan higienis.

Cacing dapat bertahan hidup dalam usus manusia, bahkan dari bentuk telur sampai berkembang biak. Cacing-cacing tersebut biasanya membuat kondisi kesehatan menurun sebab hewan kecil itu menyerap nutrisi dan darah pada tubuh.

Untuk ukuran besar kecilnya cacing tergantung pada jenis serta tipe dari cacing itu sendiri, antara lain ukuran cacing, usia dan diorgan bagian mana cacing berada. Jika cacing berada di beberapa bagian usus atas yang dekat dengan hati dan lambung, maka akan menimbulkan mual pada perut yang disertai batuk.

BACA JUGA :  Atasi Sakit Maag dengan Lima Bahan Alami

Banyak orangtua yang menganggap penyakit cacingan sebagai hal yang sepele atau tidak penting. Sedangkan gejala-gejala yang muncul karena penyakit cacingan juga terkadang tampak samar. Untuk itu, kita sebagai orangtua harus berupaya untuk selalu menjaga kebersihan anak, mulai dari makanan, lingkungan, kebersihan badan.

Berikut ini beberapa tips bagi masyarakat supaya anak-anak terhindar dari penyakit cacingan.

1. Menerapkan pola hidup sehat dengan mencuci tangan sebelum dan seusai makan

2. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi

3. Selalu gunakan alas kaki dan hindari kontak langsung kulit dengan tanah

4. Berikan obat cacingan pada anak selama enam bulan sekali

5. Berikan pengertian pada anak supaya tidak sembarangan saat jajan

Comments

Berita Terhangat

To Top