Kesehatan

Pertumbuhan Psikologisnya Akan Terganggu Apabila Anak Kecanduan Gawai

Bahaya Gawai Pada Anak

eKoran.co.id – Di zaman modern ini, gadget atau gawai sangatlah akrab dengan semua kalangan, baik dari usia muda sampai yang tua. Namun sekarang ini, anak kecil pun juga sudah mengenal gawai. Biasanya mereka menggunakan gawai untuk sekedar bermain game. Tetapi apabila mereka terlalu sering memakai gadget, maka akibatnya akan sangat fatal bagi pertumbuhan psikologisnya.

Menurut penjelasan Astrid WEN, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga, bahwa gawai sebenarnya tidaklah berbahaya, asalkan orangtua dapat mengawasi dua hal tentang penggunaan gawai.

“Biasanya masalahnya terletak di dua hal, yakni konten dan lama waktu penggunaan. Misalnya conten dewasa atau permainannya cocok tapi iklan yang masuk berbahaya. Atau ada film di Youtube bagus, tapi video berikutnya bahaya,” ungkap Astrid.

Beberapa orangtua menganggap anaknya akan pintar apabila sudah pandai menggunakan gawai. Mereka dapat menghabiskan waktu dari tiga sampai empat jam sehari di depan gawai.

BACA JUGA :  Ternyata Cegah Alergi Bisa Menghemat Pengeluaran Rp5 Juta Per Tahun

Hal itu membuat waktu yang berkualitas terbuang sia-sia, padahal sebenarnya waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat, misalnya berkumpul dengan keluarga dan belajar.

Sedangkan dampak bagi kesehatannya adalah leher, punggung akan jadi sering sakit, mata pun juga gampang lelah. Dampak yang lebih serius adalah pada kemampuan bersosialisasinya yang kurang terasah, dan menyebabkan mereka tidak memiliki teman. Hal tersebut menimbulkan depresi serta kecemasan.

“Kemampuan observasi berkurang kemampuan interaksi berkurang. Seperti hanya melihat dunia dari dunia maya yang sudah alami filterisasi, branding. Imajinasi tidak sesuai dengan dunia nyata,” tambah Astrid.

Comments

Berita Terhangat

To Top