Kesehatan

Awas, Terlalu Banyak Merokok Menjadi Salah Satu Gejala Adanya Kanker Mulut

Penyebab Kanker Mulut

eKoran.co.id – Kanker mulut adalah penyakit kanker yang berkembang pada bagian rongga-rongga mulut,mulai dari mulut itu sendiri, lidah, bibir, gusi, langit-langit mulut, kalenjer air ludah, juga sisi dinding dalam pipi dan tenggorokan.

Menurut data Cancer Research UK, kanker mulut telah mengalami peningkatan 68 persen pada dua dekade terakhir. Angka itu dianggap sangat mengkhawatirkan sehingga kasus kanker mulut tersebut perlu di waspadai.

Penyakit ini banyak ditemui pada usia muda, sedangkan pada usia di bawah 50 tahun melonjak sampai 67 persen selama 20 tahun terakhir ini. Yang awalnya hanya 340 kasus, menjadi 640 kasus per tahunnya.

Untuk itu, kenali gejala-gejala adanya kanker mulut pada tubuh kita.

1. Muncul sariawan yang tak kunjung sembuh, dan seperti membengkak
2. Gusi terlihat kemerahan dan tidak sembuh meskipun sudah diobati
3. Adanya rasa nyeri yang menusuk di daerah mulut
4. Terjadi penebalan serta pembengkakan di dinding pada mulut
5. Mulut terasa kaku, terkadang sampai di rahang dan sulit di gerakkan
6. Gigi goyang sampai mudah lepas tanpa ada sebab
7. Sulit untuk berbicara yang diakibatkan karena mulut dan lidah jadi kaku dan tidak dapat digerakkan
8. Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening

BACA JUGA :  Kenapa Ucapan Bayi Pertama Kali Adalah Mama dan Papa

Dalam hal ini, dokter gigi lah yang kerap menjadi orang pertama yang mengetahui adanya kanker mulut. Untuk itu, para ahli sangat berharap agar dokter gigi dapat dengan sigap merujuk pasiennya apabila telah ditemukan tanda-tanda adanya kanker di mulut.

Penyebab munculnya kanker mulut sendiri sangat beragam, mulai dari terlalu banyak minum alkohol, pola makan yang tidak sehat, terkena infeksi virus Human Papilloma (HPV) serta terlalu banyak merokok.

Pasien yang dinyatakan positif mengidap kanker mulut di haruskan menjalani pemeriksaan lebih lanjut guna mendeteksi stadium dan tingkat perkembangan kanker mulut yang kini di deritanya. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan melakukan rontgen, endoskopi, CT scan, PET scan dan MRI scan.

Comments

Berita Terhangat

To Top