Kesehatan

Kenali Kebiasaan Yang Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Mencegah Rambut Rontok

eKoran.co.id – Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, khususnya para wanita. Untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, mereka rela mengeluarkan biaya guna melakukan perawatan terhadap rambutnya. Selain itu, ada juga yang memilih untuk merawat rambut rontok dan kusam dengan cara yang alami.

Penyebab dari rambut rontok sendiri beragam, antara lain karena perubahan hormon, faktor cuaca, pola makan, kurangnya vitamin rambut dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa macam kebiasaan yang dapat merusak rambut.

1. Hindari paparan sinar matahari
Terlalu sering kena paparan sinar matahari sangat tidak baik bagi rambut, karena hal tersebut membuat kondisi rambut menjadi kering. Sedangkan sinar UVnya bisa memperngaruhi kelembapan kulit kepala dan membuat rambut menjadi gatal.

2. Memakai kondisioner yang salah
Pemakaian kondisioner yang tidak sesuai dengan rambut juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Sebab hal itu menjadikan kulit kepala berminyak.

BACA JUGA :  Kian Banyak Anak Merokok, Menkes Salahkan Orang Tua

3. Langsung menyisir rambut setelah keramas
Rambut yang basah sangatlah sensitif serta mudah patah, untuk itu kita tidak diperbolehkan untuk menyisir rambut sesaat setelah keramas. Tetapi kita di sarankan untuk menyisir mamakai jari tangan supaya rambut tidak terlalu kusut.

4. Keramas setiap hari
Mencuci rambut merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan rambut, namun jika mencuci rambut terlalu sering juga tidak baik bagi kesehatan rambut. Karena shampo yang kita kenakan mengandung bahan kimia yang dapat mengikis kandungan minyak alami pada rambut, dan menjadikan rambut menjadi rapuh.

Untuk menjaga supaya rambut tetap sehat dan tidak rontok, maka kita harus pandai merawat kesehatan rambut, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi rambut. Namun jika kerontokan terjadi secara berlebihan bisa jadi disebabkan karena adanya suatu penyakit. Untuk itu, harus segera di konsultasikan dengan dokter.

Comments

Berita Terhangat

To Top