Kesehatan

Waspadai Gejala Insomnia Karena Adanya Penyakit Serius

Cegah Gejala Insomnia

eKoran.co.id – Insomnia bukanlah suatu penyakit, melainkan kelainan saat akan berangkat tidur. Beberapa penderita insomnia terkadang juga bergantung pada obat tidur ataupun obat penenang supaya dapat tidur. Namun obat tersebut sebenarnya sangat tidak di sarankan oleh dokter, karena bisa menimbulkan ketergantungan psikologis.

Kondisi insomnia disini antara lain kesulitan tidur, mempertahankan tidur dan bangun terlalu dini pada pagi hari.

Menurut dokter spesialis saraf dan neurologi dari RSUP Sardjito Yogyakarta, dr Astuti, Sp.S(K), apabila seseorang mengalami insomnia yang serius dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang juga serius. Jika tidak segera di tangani dengan tepat serta melakukan deteksi dini, maka insomnia akan memberikan dampak buruk dan hanya akan mengeluarkan biaya pengobatan yang cukup mahal.

“Tidurnya menjadi dangkal dan tidak berkualitas. Insomnia ini di sertai efek di pagi hari. Mudah mengantuk, gangguan perilaku, sensitive, mudah marah, atensi dan kualitas kerja menurun,” ungkap dr. Astuti.

BACA JUGA :  Penelitian Baru Sebut Radiasi Ponsel Tak Sebabkan Kanker Otak

“Tidak bisa tidur juga bisa memicu depresi, gagal ginjal, infeksi karena hormon untuk meningkatkan sistem imun tidak di produksi dengan baik, penyakit paru dan virus. Selain itu juga penyakit dalam seperti gastritis dan stroke,” tambahnya.

Selain itu, insomnia juga dapat di sebabkan karena adanya penyakit seperti diabetes, kegemukan, kolesterol serta profil lemak tidak normal dan yang lebih parahnya lagi adalah penyakit jantung dan penyakit jiwa.

Berikut ini merupakan cara untuk mengobati insomnia, antara lain :

1. Biasakan olahraga secara teratur
2. Mengurangi minuman yang bersifat stimulant, contohnya kopi, the dan rokok.
3. Konsumsi makanan ringan yang mengandung karbohidrat rendah.
4. Biasakan mandi dengan air hangat menjelang tidur.
5. Hindari minum dan makan berlebih saat hendak tidur.
6. Biasakan tidur delapan jam sehari.

Namun segera konsultasikan ke dokter apabila insomnia tersebut tidak dapat diatasi.

Comments

Berita Terhangat

To Top