Kesehatan

Awas, Sembelit Berisiko Menimbulkan Penyakit Gagal Ginjal

Sembelit Sebabkan Gagal Ginjal

ekoran.co.id – Jangan anggap remeh apabila sering mengalami sembelit, karena ada penelitian baru yang menyatakan bahwa keluhan sembelit ini berisiko menimbulkan penyakit ginjal. Apabila semakin parah sembelit yang di rasakan, maka semakin besar risiko untuk mengalami masalah ginjal.

Para peneliti juga menjelaskan bahwa pola makan yang lebih sehat terdiri dari serat serta olahraga yang teratur, karena hal itu bisa membantu mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal sehingga memberi keuntungan pada penderita untuk tidak melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal.

Pemimpin penelitian, Dr Csaba Kovesdy menjelaskan bahwa penemuan yang mereka temukan tersebut menekankan hubungan antara ginjal dan pencernaan. Mereka juga memiliki pengetahuan tambahan tentang pathogenesis kemajuan penyakit ginjal.

“Penemuan kami menyimpulkan kebutuhan akan pengamatan hati-hati terhadap jalur fungsi ginjal pada pasien sembelit. Khususnya mereka yang mengalami sembelit parah,” jelas dr Csaba Kovesdy.

BACA JUGA :  Atasi Sakit Maag dengan Lima Bahan Alami

Selain itu, sembelit atau susah buang air besar di sebabkan karena adanya perubahan bakteri pada usus. Dan perubahan itu juga berhubungan dengan berbagai perubahan metabolisme, termasuk radang atau inflamasi.

Berikut ini merupakan cara yang alami guna mengatasi sembelit.

1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, contohnya sayur-sayuran dan buah-buahan
2. Minum air dan jus yang banyak
3. Olahraga secara teratur
4. Hindarilah makanan yang mengandung kadar gula dan lemaknya tinggi
5. Biasakan buang air besar secara teratur, dan jangan membiasakan untuk menahannya
6. Jangan melakukan diet secara berlebihan
7. Konsumsi makanan anti inflamasi, misalnya apel, kelapa, avokad
8. Tidur dengan cukup

Apabila sembelit terjadi secara terus menerus, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Comments

Berita Terhangat

To Top