Kesehatan

Waspadai Gejala Diabetes Melitus Dengan Mengendalikan Kadar Gula Darah

Gejala Diabetes Melitus

eKoran.co.id – Angka penderita diabetes melitus di luar maupun dalam negeri setiap tahunnya terus saja meningkat. Untuk menghindari terkena penyakit tersebut, masyarakat harus melakukan perubahan terhadap pola hidup dan juga pola makan. Karena diabetes melitus bukanlah penyakit yang gampang di sepelekan, apabila terjadi komplikasi maka akan menimbulkan kematian.

Diabetes Melitus merupakan ketidakmampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi sebuah energi karena adanya gangguan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Gejalanya sendiri tidak bisa di ketahui dengan waktu yang singkat.

Indonesia sendiri menduduki peringkat ke 7 dari 10 negara dengan diabetisi terbesar di seluruh dunia. Namun data nasional menurut Riset Kesehatan Daerah di tahun 2013, tingkat prevalensi diabetisi mencapai 6,8% di Indonesia.

Dari penjelasan spesialis penyakit dalam dr Sandra Utami SpPD, diabetes mellitus akan menunjukkan beberapa gejala klasik, di antaranya adalah rasa haus yang berlebihan, sering kencing pada malam hari, nafsu makan meningkat namun berat badannya menurun drastis.

BACA JUGA :  Kenali Beberapa Gejala Kanker Darah yang Terjadi pada Anak

Hal itu dikarenakan kadar gula yang tinggi akan di buang melalui air seni, cairan pekan juga ikut keluar sehingga menyebabkan dehidrasi dan menimbulkan rasa haus terus menerus. Sedangkan kadar gula darah yang tidak dapat masuk ke dalam sel otot dan berubah jadi energi sehingga terus merasakan lapar dan lemas. Tapi ada beberapa juga yang tidak merasakan gejala tersebut.

“Waspadai komplikasi Diabetes Melitus dengan mengendalikan kadar gula darah seoptimal mungkin dengan cara melakukan pemeriksaan berkala untuk mendeteksi dini adanya komplikasi serta mengatur diet makanan yang baik dan sesuai bagi penderita Diabetes Melitus, olahraga teratur, dan berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui obat-obatan yang perlu di konsumsi secara rutin,” jelas dr Sandra.

Dr Sandra juga menyampaikan bahwa penyakit ini tidak dapat di sembuhkan. Dan apabila terjadi peningkatan kadar gula darah, maka akan mengakibatkan komplikasi yang bisa merusak mata, ginjal, pembuluh darah, jantung dan saraf.

Comments

Berita Terhangat

To Top