Kesehatan

Waspadai Gejala Kanker Usus Besar Sebelum Terlambat

Gejala Kanker Usus Besar

eKoran.co.id – Penyakit ini bisa menyerang segala usia, tetapi 90% di derita orang yang berusia 60 tahun ke atas. Pada penderita kanker usus besar ini akan di awali oleh terbentuknya gumpalan-gumpalan sel yang berukuran kecil yang biasa disebut polip adenoma. Kemudian gumpalan tersebut akan menyebar dengan tidak terkendali seiring berjalannya waktu.

Kanker usus besar merupakan jenis kanker yang akan menyerang usus besar atau bagian terakhir dari sistem pencernaan manusia. Penyakit ini menjadi masalah utama di dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri, penyakit ini menduduki peringkat ke 3 setelah kanker paru-paru dan payudara.

Hal tersebut di karenakan kurangnya kesadaran dari masyarakat terkait penyakit kanker usus besar, terutama dalam hal gaya hidup masyarakat dan kurangnya pengetahuan mengenai gejala usus besar yang tidak pernah di sadari.

BACA JUGA :  Baca Dulu Aturan Menikmati Kopi Yang Benar

Pernyataan itu sampaikan oleh dr Ibrahim Basir, SpB-KBD saat berada di forum edukasi media dengan tema “Kalahkan Kanker dengan Deteksi Dini Usus Besar” di Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia Jakarta Raya (IKABDI) dan Roche, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Waspadai beberapa gejala umum yang dirasakan pada penderita kanker usus besar, antara lain :

 Berubahnya tekstur kepadatan kotoran
 Menurunnya berat badan secara drastis
 Adanya darah pada kotoran atau bahkan pendarahan pada anus
 Perut terasa kembung
Tubuh terasa gampang lelah
 Nyeri atau kram di bagian perut

Segera konsultasikan ke dokter apabila terdapat gejala-gejala seperti yang tertera di atas. Jangan menunggu sampai penyakit kanker usus besar tersebut menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Comments

Berita Terhangat

To Top