Bisnis

Indonesia Akan Kerja Sama Bidang Agrikultur Dengan Uni Eropa

Indonesia Akan Kerja Sama Bidang Agrikultur Dengan Uni Eropa

eKoran.co.id – Indonesia terus berupaya untuk membuka kerja dengan negara lain. Baru-baru ini Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto beretemu dengan perwakilan anggota parlemen Uni Eropa bidang agrikultur Phil Hogan di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian Panggah Susanto menjelaskan mengenai peluang kerja sama antara kedua belah pihak. Terutama untuk masalah investasi masa depan. Banyak sekali potensi yang bisa dimanfaatkan. Tinggal bagaimana caranya agar saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan.

Panggah menambahkan ada beberapa produk potensial, seperti bahan baku susu atau dairy product. Selain itu juga bisa melalui program penggemukan sapi.

Uni Eropa sendiri mempunyai teknologi yang maju dan sangat baru. Namun negara di sana selalu kekurangan bahan-bahannya. Sedangkan di Indonesia malah kebalikannya, untuk bahanya kita punya banyak. Tapi kalau masalah teknologi, tanah air Indonesia masih tertinggal cukup jauh.

Rencananya, Indonesia akan mengimpor mesin dan teknologinya dari Uni Eropa supaya lebih berkembang serta tidak tertinggal dengan negara tetangga.

Pasar Eropa memiliki standar tersendiri yang cukup tinggi. Sehingga jangan heran kalau produk-produk makanannya dihargai cukup mahal.

BACA JUGA :  PBB Menyerukan Indonesia Bangun Mekanisme Pengendalian Narkoba

Sayangnya di Indonesia kualitas dan mutunya masih di bawah standar pasar Uni Eropa.

Dengan kerja sama ini, diharapkan negara tersebut mau membantu Tanah Air agar kualitas produk makanan jadi lebih baik dan bisa menembus pasar Eropa.

Menurut Panggah, Eropa siap membantu supaya kita bisa memperbaiki kualitas produk makanannya. Apalagi negara ini punya produk makanan yang beragam dan rasanya juga sangat enak sekali.

Dari informasi yang kami dapatkan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto telah bertemu dengan perwakilan anggota parlemen Uni Eropa bidang agrikultur Phil Hogan di Jakarta.

Pada pertemuannya kali ini, Airlangga Hartarto tidak sendirian. Dirinya ditemani Panggah dan Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Harjanto.

Pokok masalah utama yang dibahas adalah tentang kerja sama ekonomi, industri serta perdagangan antara Indonesia dengan negara di Eropa.

Hal seperti adalah langkah kecil supaya menambah pendapatan negara. Selain itu juga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Comments

Berita Terhangat

To Top