Kesehatan

Atasi Penyebab Nyeri Menstruasi Dengan Empat Hal Ini

Mencegah Nyeri Menstruasi

eKoran.co.id – Para wanita setiap bulannya pasti akan mengalami menstruasi. Saat hal itu terjadi, terkadang perut akan terasa nyeri. Sebenarnya rasa nyeri tersebut merupakan hal yang wajar dan normal. Nyeri tersebut biasanya terjadi di perut bagian bawah hingga ke punggung dan paha. Namun nyeri haid akan terjadi hanya selama dua sampai tiga hari saja.

Untuk meredakan nyeri haid, beberapa wanita akan mengonsumsi obat pereda nyeri. Nyeri saat menstruasi diakibatkan karena dinding otot pada rahim yang berkonstraksi sampai menekan pembuluh darah yang ada di sekitarnya. Karenanya pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat serta memicu munculnya rasa nyeri yang dialami.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

1. Olahraga
Dengan olahraga, misalnya berlari juga dapat mengurangi rasa nyeri haid. Karena berlari bisa memperlancar aliran darah juga meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, dengan jalan kaki juga bisa membuat gerakan otot dan meningkatkan denyut jantung. Lakukanlah kedua olahraga tersebut selama 30 menit.

BACA JUGA :  Ciri-ciri Umum Apabila Anak Memiliki Gizi yang Baik

2. Konsumsi Makanan Sehat
Saat menstruasi, hendaknya mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Selain itu perbanyak juga makanan yang mengandung protein nabati.

3. Berbaring
Dengan berbaring juga dapat mengurangi rasa nyeri di bagian punggung. Pakai bantal untuk menyangga lutut kemudian ambil nafas panjang dan buang perlahan.

4. Minum Ramuan Kunyit
Kunyit memiliki kandungan curcuminoid yang dipercaya sangat efektif untuk membantu mengangkat sel-sel asing yang berada di tubuh dan sekaligus menjadi detoksifikasi alami. Selain itu, air rebusan kunyit juga dapat menyerap habis seluruh kandungan obat-obatan medis. Serta membuat dinding rahim tidak terlalu berkontraksi secara berlebihan.

Comments

Berita Terhangat

To Top