News

Pencipta Komik Gundala Putra Petir Meninggal Dunia Karena Penyakit Usus

Harya Suraminata Meninggal

eKoran.co.id – Komikus Indonesia yang menciptakan komik Gundala Putra Petir yaitu Harya Suraminata di kabarkan telah tutup usia di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta (6/11/2016) sekitar pukul 12.00 WIB. Ia meninggal karena menderita penyakit usus dan sempat di rawat secara intensif selama 10 hari.

Anak pertama Hasmi, Ainun Anggitamukti menjelaskan kalau sebelum meninggal sang ayah sempat dioperasi ususnya. Dan operasinya pun berjalan dengan lancar. Saat akan dipindahkan ke ruangan biasa, Hasmi mengeluhkan sesak nafas, kemudian mendapatkan perawatan dari dokter dan akhirnya dinyatakan telah meninggal dunia.

“Semalam Ayah sudah baik-baik saja. Sudah boleh minum. Bisa menulis satu persatu huruf di tangan juga,” jelas Ainun.

“Keluarga sempat mengira kalau Ayah Cuma bercanda. Sebab kondisi Ayah pasca operasi baik-baik saja. Hingga saat ini keluarga belum tahu penyebab Ayah meninggal. Dan yang menyebabkan Ayah meninggal itu apa belum di kasih tau sama dokter,” tambahnya.

BACA JUGA :  Anang Iskandar Segera Memasuki Masa Pensiun

Saat ini, jenazah Hasmi masih di semayamkan di SMK Bopkri yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah duka. Dan rencananya Senin (7/11/2016) akan di makamkan.

Harya Suraminata lahir pada 25 Desember 1949 di Yogyakarta. Ia juga merupakan komikus dan penulis skenario yang terkenal di tanah air. Salah satu karyanya yang paling di kenal adalah Gundala Putra petir. Terdapat 23 judul dari seri Gundala yang terbit di tahun 1969 sampai 1982.

Selain itu, ia juga pernah menulis beberapa skenario film yang berjudul Lorong Sesat, Kelabang Sewu, Harta Karun Rawa Jagitan dan masih banyak lagi lainnya. Ia juga sangat suka menulis skenario untuk acara ketoprak di TVRI Yogyakarta.

Comments

Berita Terhangat

To Top