Kesehatan

Bersihkan Wajah Secara Rutin, Mengurangi Minyak Di Kulit Wajah

Merawat Kulit Wajah

eKoran.co.id – Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersinar merupakan keinginan semua orang, khususnya para wanita. Untuk itu, wajah juga perlu dirawat dan diberi makanan yang bernutrisi. Kita sendiri juga harus rajin membersihkan kulit wajah setelah melakukan aktivitas di luar.

Selain itu, kulit wajah juga terkadang sering berminyak, hal tersebut mengakibatkan tumbuhnya jerawat, komedo dan membuat kulit kelihatan kusam. Minyak berlebih sering berada di daerah sekitar area T, antara lain jidat, hidung dan dagu. Sebenarnya minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah mempunyai manfaat tersendiri bagi kulit selama jumlahnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit.

Dokter spesialis kulit Tina Wardhani Wisesa juga menambahkan penjelasan bahwa dalam melakukan suatu perawatan kulit, kita seharusnya mengetahui lebih dulu tentang jenis kulit kita.

“Ketika sering melakukan aktivitas yang menyebabkan adanya perubahan suhu panas ke dingin atau sebaliknya. T-zone inilah yang paling banyak terangsang, sehingga menyebabkan kulit menjadi berminyak pada area ini,” ungkap dr Tina Wardhani Wisesa.

BACA JUGA :  Inilah Masalah Ketika Masa Menyusui

“Misalnya, kulit berminyak, normal atau kering itu sangat menentukan langkah pembersihan wajah seperti apa yang terbaik. Membersihkan wajah tidak boleh diabaikan karena kulit mudah terpapar kotoran dan bakteri. Minimal pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur,” jelas dr Tina Wardhani Wisesa.

Dokter Tina juga mengingatkan untuk tidak menganggap perawatan kulit sebagai suatu bentuk ketergantungan. Sementara itu, merawat kulit khususnya wajah bisa dilakukan dengan mengatur pola hidup sehat seperti memenuhi kebutuhan gizi yang cukup dan seimbang dengan mengonsumsi buah, sayur, protein dan minum air putih.

“Hindari karbohidrat berlebih dan makanan yang berkalori tinggi. Juga hindari minuman keras dan merokok. Jangan lupa olahraga, kemudian istirahat yang cukup. Dan hindari stress fisik dan psikis,” tambahnya.

Saat melakukan aktivitas di luar rumah, kulit wajah dan tubuh akan terkena paparan sinar matahari. Sebaiknya kita memakai sunscreen atau krim SPF yang tinggi untuk melindunginya.

Comments

Berita Terhangat

To Top